Gambarkan Semangat Patriot Selat Malaka, Pelindo I Gelar Rapat Dinas di Atas KM Kelud

Rapat Dinas Pelindo I 2016 di atas KM Kelud. (Foto: Humas Pelindo I)
Rapat Dinas Pelindo I 2016 di atas KM Kelud. (Foto: Humas Pelindo I)

Belawan, MAROBS ** Untuk menggambarkan semangat PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo I sebagai patriot Selat Malaka, serta sebagai salah satu bentuk sinergitas antar-BUMN di Indonesia, Rapat Dinas (Radin) Pelindo I 2016 digelar di atas KM Kelud, 19-21 Januari 2016.

“Rapat Dinas yang dilakukan kali ini berbeda dengan rapat dinas yang sudah pernah dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya, karena dilakukan di atas KM Kelud yang berlayar di sepanjang Perairan Selat Malaka, dari Belawan menuju Batam,” ujar ACS Humas Pelindo I, M. Eriansyah, di Medan.

Rapat Dinas, jelasnya, diisi dengan Focus Group Discussion (FGD), seminar, dan site visit. FGD membahas lima topik utama, yaitu Sumberdaya Manusia (SDM), proses bisnis, teknologi informasi, bisnis, dan governance.

Dalam sesi seminar dibahas tentang Corporate Branding dan Personal Branding dengan pembicara Anton DH Nugrahanto dan Zivanna Letisha.

Rapat Dinas Pelindo I kali ini mengusung tema ‘Dengan Optimalisasi Potensi dan Peningkatan Efisiensi, Kita Tingkatkan Daya Saing Perusahaan dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)’.

Loyalitas Pelanggan

Komisaris Utama Pelindo I, diwakili Icu Zukafril, mengatakan, dengan diberlakukannya MEA, masyarakat ASEAN bisa leluasa melakukan interaksi perdagangan antar-negara ASEAN.

“Untuk itu, manajemen harus melakukan strategi bisnis yang tepat, ekspansi bisnis, dan bersaing secara sehat. Perspektif ekonomi global juga akan menjadi tantangan baru, yang harus dihadapi secara cermat dan akurat,” tutur Icu.

Ia menyampaikan arahan agar menciptakan loyalitas pelanggan melalui penerapan Service Level Agreement dan Guarantee (SLA dan SLG), meningkatkan profesionalitas SDM dan keandalan alat produksi, serta meningkatkan kualitas pengendalian internal dan memperbaiki lingkungan pengendalian.

Selain itu, memberikan target realistis dan rasional pada masing-masing cabang dan unit bisnis, juga mendorong upaya penetrasi pasar dan diversifikasi usaha melalui aliansi dengan anak perusahaan dan badan usaha lain.

Penambahan Kapasitas Pelabuhan

Sementara itu, Direktur Utama Pelindo I, Bambang Eka Cahyana menerangkan, pertumbuhan ekonomi di wilayah ASEAN saat ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi dunia. Sebagian besar Negara ASEAN akan melakukan penambahan kapasitas pelabuhan menjadi dua kali lipat pada lima tahun ke depan.

“Hal ini tentu menjadi peluang bagi Pelindo I untuk mengoptimalkan potensi yang dimiliki, seperti potensi hinterland di wilayah Pelindo I yang didominasi oleh produk mineral dan palm oil serta perkembangan lahan dan pabrik kelapa sawit yang cukup signifikan,” ungkapnya.

Selain itu, tambahnya, potensi lain yang dapat dioptimalkan oleh Pelindo I adalah dengan mengoptimalkan kegiatan yang sudah ada dalam bisnis mid-stream logistik seperti penyediaan cold storage di Belawan, pembangunan terminal car di Belawan, berperan sebagai logistic provider, pembangunan terminal CPO dan operator tangki timbun.

Untuk tetap meningkatkan daya saing perusahaan, Pelindo I akan melakukan pembenahan dan perbaikan pada tiga pilar, yaitu SDM, organisasi, dan budaya; teknologi informasi; dan proses bisnis.

Dalam pilar SDM akan dilakukan redesain organisasi (fungsi, core business, dan supporting), internalisasi nilai budaya CIPTa (Customer Focus, Intergrity, Profesionalism, dan Team Work), serta menjadikan SDM sebagai Strategic Partner.

Selanjutnya, untuk pilar teknologi akan diterapkan International Financial Reporting Standards (IFRS), data governance, data warehouse dan internal control process. Sementara dalam pilar proses bisnis, akan dibentuk unit shared service dan pembentukan fungsi business analyst.