Kerajinan Kerang Cirebon, Menteri Susi: Kreatif dan Bagian Misi Poros Maritim

Kerajinan Kerang Cirebon. (Foto: Disparbud Jawa Barat)
Kerajinan Kerang Cirebon. (Foto: Disparbud Jawa Barat)

Cirebon, MAROBS ** Apabila Anda berkunjung ke Cirebon, jangan lupa untuk memborong kerajinan kerang khas Kota Udang. Seperti Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti, Kamis (14/1/2016). Ia memborong hasil kerajinan kerang Cirebon dan dijadikan hiasan ruang kerjanya.

“Saya akan bawa seperti piring, lampu, untuk peresmian kantor baru saya,” ujar Susi saat berkunjung ke Rumah Kerang CV Multi Dimensi di Desa Astapada, Kecamatan Tengahtani, Kabupaten Cirebon, dirilis KKP.

Selain kagum, Menteri Susi menaruh harapan pada kerajinan kerang dapat mendorong pertumbuhan sektor kelautan dan perikanan dalam ajang Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang telah dimulai awal tahun ini.

“Saya kagum dengan adanya pemanfaatan kerajinan ini. Bisa dikembangkan dan diterapkan di daerah lain. Potensi ini bisa dimanfaatkan. Kreatif dan ini bagian dari misi poros maritim juga,” ucapnya.

Menteri Susi datang menggunakan mobil Alphard RI 46 dalam rangka mendampingi kunjungan Presiden RI Joko Widodo ke Kabupaten Cirebon.

Dirilis Kementerian Perindustrian, pada hari yang sama, Menteri Perindustrian Saleh Husin bersama Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) AAGN Puspayoga juga berkunjung ke Rumah Kerang.

“Sebanyak 90 persen produk berbahan baku kerang diekspor ke pasar Amerika, Inggris, Jepang, Thailand, dan Malaysia. Industri pengolahan kerang ini dimulai sejak 2000 dengan mengembangkan usaha kerajinan tangan serba-kulit kerang, seperti kerang simping, kerang ijoan, keong emas, dan abalone,” terang Direktur sekaligus pemilik CV Multi Dimensi, Jaime Taguba dan Nur Handiah.

Pelatihan Kerang Internasional

Komitmen KKP dalam mendukung eksistensi kerajinan kerang ditunjukkan dengan pengiriman tenaga ahli kerajinan kerang binaan dalam pelatihan kerajinan kerang, 8-12 September 2015 lalu, di Fiji Museum, Suva.

Materi pelatihan yang diberikan, yaitu membuat kerajinan kerang, berupa aksesoris, bunga, dan membuat kerajinan lampu hias kerang. Selain membuat berbagai bentuk kerajinan kerang, peserta juga diajarkan teknik pengemasan serta pemasaran produk yang dihasilkan dapat lebih bernilai ekonomi.

Untuk ikut membantu mempromosikan dan memasarkan produk kerajinan kerang yang telah dibuat peserta, Tim melakukan kerja sama dengan Hotel Grand Pacific dan Morris Hedstorm City Center (MHCC), salah satu pusat perbelanjaan besar di Suva, untuk mengadakan kegiatan mini exhibition dengan mendisplai berbagai produk kerajinan kerang, bahkan dapat menjual kerajinan kerang milik peserta kepada masyarakat maupun wisatawan asing.

Pelatihan kerajinan kerang dilaksanakan di tiga negara Melanesia Spearhead Group (MSG), yaitu Papua Nugini, Kepulauan Solomon, dan Fiji, sebagai tindak lanjut kunjungan kerja Menlu RI, Retno Marsudi, ke negara-negara MSG, Februari 2015.