2016, Rp10,25 Miliar Dana CSR Pelindo IV Bakal Dialokasikan Garap Pesisir dan Kota

Pelindo IV berkomitmen menyalurkan dana CSR untuk kesejahteraan masyarakat sekitar. (Foto: Pelindo IV)
Pelindo IV berkomitmen menyalurkan dana CSR untuk kesejahteraan masyarakat sekitar. (Foto: Pelindo IV)

Makassar, MAROBS ** Pada 2016, dana Corporate Social Responsibility (CSR) PT Pelindo IV (Persero) yang siap dialokasikan sejumlah Rp10,25 miliar. Rencananya, dana disalurkan untuk Program Kesejahteraan dan Bina Lingkungan (PKBL).

Program Bina Lingkungan terbagi atas 3,90 persen bantuan bencana alam, 9,76 persen pendidikan, 11,46 persen kesehatan, 27,07 persen sarana dan prasarana, 12,68 persen sarana ibadah, 11,71 persen pelestarian alam, 18,54 persen bantuan sosial dalam rangka pengentasan kemiskinan, serta 4,88 persen bantuan untuk diklat-promosi mitra binaan.

“Program Bina Lingkungan tahun ini bakal terjabarkan dalam Program Pelindo IV Peduli Kota, Peduli Pesisir, dan beberapa kegiatan lainnya,” rilis ASP Bidang PKBL PT Pelindo IV, Marwah, Sabtu (6/2/2016).

Program Pelindo IV Peduli Kota antara lain diwujudkan dalam kegiatan pertukaran siswa, perbaikan posyandu, mobil dan motor sampah, serta penataan kanal kota.

Sementara Program Pelindo IV Peduli Pesisir, antara lain dalam bentuk kegiatan bantuan pelatihan guru-guru pulau, bantuan beasiswa bagi siswa berprestasi, pembelian bibit mangrove, dan pembangunan taman baca di pulau-pulau.

Program Pelindo IV lainnya berupa bantuan untuk GKI Sion Mapura Tanah Papua, Pelindo IV Berbagi Sembako, perbaikan jalan di daerah terpencil, dan pembuatan MCK di Boalemo Gorontalo.

“CSR adalah salah satu wujud kepedulian Pelindo IV terhadap kesejahteraan masyarakat sekitar, sekaligus menciptakan iklim yang kondusif bagi kelangsungan bisnis perusahaan,” tutur Marwah.

Pelindo IV sebagai perusahaan pengelola pelabuhan di Kawasan Timur Indonesia (KTI) selalu menyisihkan dana perusahaan untuk anggaran CSR yang kebanyakan disalurkan untuk PKBL.

Menurut Marwah, setiap tahun, anggaran CSR yang disalurkan Pelindo IV selalu meningkat. Pada 2014, anggaran CSR yang disalurkan sebesar Rp2,96 miliar. Jumlah itu meningkat menjadi Rp5,57 miliar pada 2015, dan meningkat menjadi Rp10,25 miliar pada tahun ini.

Pembangunan Daerah Terpencil

Marwah menjelaskan, kegiatan CSR Pelindo IV tahun ini difokuskan pada rencana pembuatan jalan di daerah-daerah terpencil serta pembelian tangki air bersih dan pembuatan sumur bor, bekerja sama dengan Pemerintah Kota Makassar.

Selain menyalurkan anggaran CSR sesuai rencana perusahaan, Pelindo IV menyalurkan anggaran CSR berdasarkan proposal yang dimasukkan oleh masyarakat sekitar, baik masyarakat di lingkungan Pelindo IV, maupun masyarakat di lingkungan cabang Pelindo IV yang tersebar di beberapa wilayah KTI. Setiap proposal yang masuk akan diseleksi oleh tim untuk ditentukan kelayakannya.

“Tak sedikit juga kegiatan CSR yang dilakukan berdasarkan ide-ide kreatif dari tim yang dibentuk untuk menangani kegiatan CSR di Pelindo IV, serta berdasarkan arahan dari kementerian terkait bekerja sama dengan pemerintah setempat,” ucap Marwah.

Kegiatan atau penyaluran CSR, sambungnya, diprioritaskan di sekitar wilayah kerja Pelindo IV, meski tidak menutup kemungkinan, jangkauannya bisa lebih luas lagi.

Marwah menyebutkan, dengan total Rp5,57 miliar anggaran CSR yang telah disalurkan tahun lalu, masing-masing terbagi atas Rp102,8 juta untuk bantuan erupsi Gunung Gamalama dan penyaluran bantuan bencana alam (kebakaran) yang terjadi di dalam Kota Makassar pada November 2015.

Selanjutnya, penyaluran bantuan sebesar Rp1,18 miliar, antara lain untuk biaya pelaksanaan renovasi SMA Negeri 17 Makassar dan pembuatan Program Pelatihan Motivation & Development CSR di Papua.

Tahun lalu, Pelindo IV telah menyalurkan bantuan biaya pelaksanaan Operasi Katarak 2015 dan biaya kegiatan sunatan massal, senilai total Rp760,42 juta. Di antaranya ada bantuan penyaluran bak sampah di Cabang Samarinda dan dropping pembangunan pengadaan motor tiga roda di Cabang Pantoloan senilai total Rp733,59 juta.

“Bila dikalkulasi, selama 2015, total ada 40 kegiatan penyaluran CSR yang dilakukan Pelindo IV secara bertahap, sejak Januari hingga Desember 2015,” terang Marwah.

Pelestarian Alam

Pada tahun lalu, Pelindo IV juga memberikan bantuan sarana ibadah, yaitu pembangunan gereja di Cabang Bitung serta bantuan masjid dan gereja di Sulawesi Selatan dan Barat. Total bantuan untuk sarana ibadah yang dilakukan tahun lalu menelan anggaran sebesar Rp490 juta.

Ada pula bantuan yang disalurkan untuk pelestarian alam, pengentasan kemiskinan, serta bantuan diklat, pemasaran, dan promosi mitra binaan, di antaranya biaya penggantian pohon Taman Losari 2015, pembagian 250 paket sembako korban bencana erupsi Gunung Gamalama di Cabang Ternate, dan bantuan pelaksanaan Pameran Festival Boalemo 2015.

“Bila dirinci, masing-masing bantuan tersebut bernilai total Rp1,07 miliar untuk pelestarian alam, Rp718,99 juta untuk bantuan pengentasan kemiskinan, dan Rp52,38 juta untuk bantuan diklat, pemasaran, dan promosi mitra binaan,” pungkas Marwah.