2017, Indonesia Tuan Rumah The 30th IAPH World Ports Conference

Port of Beirut memenangi IAPH IT Award pada IAPH ke-29 di Hamburg. (Foto: Port De Beyrouth)
Port of Beirut memenangi IAPH IT Award pada IAPH ke-29 di Hamburg. (Foto: Port De Beyrouth)

Denpasar, MAROBS ** Kepala Humas PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III, Edi Priyanto, mengatakan, Indonesia akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan konferensi asosiasi pelabuhan dunia atau The 30th IAPH World Ports Conference.

International Association of Ports and Harbors (IAPH) adalah aliansi pelabuhan global non-profit dan non-pemerintah yang berkantor pusat di Tokyo Jepang.

Berdiri pada 1955, kini IAPH telah mewakili lebih dari 200 pelabuhan di 90 negara, dengan total kargo yang dilayani mencapai 60 persen dari perdagangan dunia melalui laut, serta hampir 80 persen dari arus peti kemas di seluruh belahan dunia.

Individu dan organisasi yang berkepentingan atau terlibat dalam berbagai bisnis kepelabuhanan dan maritim, direpresentasikan sebagai Associate Members.

Konferensi IAPH diadakan setiap dua tahun (tahun ganjil). Biasanya pada April, Mei, atau Juni, dan dikenal dengan sebutan IAPH World Ports Conference.

Pada konferensi tersebut, para komisaris, direktur, manajer, dan penanggung jawab pengelolaan dan pengoperasian pelabuhan berkumpul satu atap untuk berbagi pengalaman dan informasi tentang isu-isu yang menjadi perhatian dan kepentingan bersama.

“Konferensi yang diikuti setidaknya 1.500 anggota delegasi dari pelabuhan-pelabuhan di dunia tersebut direncanakan digelar di Bali Nusa Dua Convention Center, pada 7-12 Mei 2017,” ujar Edi, Jumat (5/2/2016), di Sekretariat Tetap Pelindo I, II, III dan IV usai membahas persiapan penyelenggaraan konferensi

Pada 2017 mendatang, sambungnya, sebagai anggota aktif IAPH, Pelindo I, II, III, dan IV akan menjadi tuan rumah sekaligus penyelenggara.

“Terselenggaranya acara diharapkan dapat menjadi forum potensial bagi para pelaku bisnis kepelabuhanan untuk saling mempromosikan ide dan produk masing-masing, serta menjadi sarana promosi dan pembelajaran bagi pengelolaan pelabuhan di Tanah Air,” tutur Edi.

Konferensi IAPH juga merupakan ajang pertemuan para anggota IAPH untuk menjaga persahabatan dan menjalin relasi baru. Konferensi terbuka bagi anggota non-IAPH untuk hadir dan melihat bagaimana IAPH bekerja serta mempertimbangkan bergabung.

Jaringan Global

Edi mengungkapkan, sebagai BUMN kepelabuhanan Indonesia, Pelindo I, II, III, dan IV memang perlu berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kepelabuhanan, baik dalam tingkat regional maupun internasional. Salah satunya, berpartisipasi dalam IAPH.

“Sebagai salah satu langkah pengembangan relasi bisnis dengan pelabuhan-pelabuhan lain di dunia serta sebagai upaya untuk meningkatkan dan memperbaharui wawasan kepelabuhanan,” ucapnya.