Safari Ramadhan 1437 H, GPMI Gandeng Karang Taruna Bahari Pulau Tunda dan BAZMA Pertamina

GPMI menggelar Safari Ramadhan 1437 H. (Foto: GPMI)
GPMI menggelar Safari Ramadhan 1437 H. (Foto: GPMI)

Kabupaten Serang, MAROBS ** Bersama Karang Taruna Bahari Pulau Tunda dan didukung secara penuh oleh Badan Amil Zakat Pertamina (BAZMA), Gerakan Pemuda Maritim Indonesia (GPMI) menggelar Safari Ramadhan kali ketiga, di Pulau Tunda, 20-23 Juni 2016.

“Kegiatan ini merupakan rangkaian kampanye maritim yang diinisiasi oleh GPMI melalui Indonesian Maritime Youth Festival bertema Together Building A Maritime Soul yang diartikan sebagai ajakan untuk bersama membangun jiwa maritim,” ujar Ketua Umum GPMI, Febriantoro, Senin (20/6/2016).

Menurutnya, Safari Ramadhan telah dilaksanakan selama tiga tahun berturut-turut. Tujuan pelaksanaan kegiatan Safari Ramadhan di Pulau, yaitu membangun silaturahmi dan persaudaraan antar-sesama, demi terjuwudnya masyarakat madani di pulau-pulau kecil.

“Memahami kondisi masyarakat pulau yang memiliki keterbatasan akses baik pendidikan, kesehatan dan fasilitas umum lainnya, sehingga kegiatan-kegiatan positif untuk membangkitkan semangat dan gairah untuk berkarya, berinovasi dengan berbagai keterbatasan sangat diperlukan dan penting untuk terus digalakkan agar para generasi pemuda pulau memiliki kemampuan kepemimpinan dan pemahaman tentang berbagai potensi pulau yang dimiliki,” tandas Febri.

Hal ini, sambungnya, menjadi modal utama para generasi penerus yang berada di pulau-pulau kecil untuk menjaga keberlangsungan hidup, baik di masyarakat dan lingkungan alam sekitarnya.

“Kita memiliki harapan besar terhadap bangsa ini untuk mampu sejahtera dengan memanfaatkan sumberdaya laut yang dimiliki. Namun, pekerjaan utama yang harus dilakukan adalah mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bergandeng tangan, bahu-membahu, menyampaikan ke seluruh pelosok Nusantara bahwa kita negara yang dikelilingi oleh laut dengan berbagai potensi alam yang terkandung di dalamnya,” paparnya.

Lomba Berwarna Kebaharian

Lebih lanjut, Febri menjelaskan, dalam kegiatan ini, disisipkan berbagai ide dan gagasan untuk memberikan stimulasi pada anak dan pemuda untuk melahirkan dan mengembangkan berbagai hal, termasuk beberapa perlobaan untuk anak, seperti Lomba Azan, MTQ, Pildacil, Peragaan Busana Muslim, dan Cerdas Cermat.

“Kita warnai dengan suasana kebaharian, di mana lokasi pelaksanaan kegiatan dipusatkan di dekat dermaga dan menghadap ke laut. Selain lomba anak, ada juga lomba untuk warga yang diwakili oleh ibu-ibu perwakilan RT, yakni lomba memasak Menu Buka Puasa ala Pulau Tunda,” katanya.

Dengan konsistensi pelaksanaan kegiatan di tiap tahunnya, lanjut Febri, membuat animo masyarakat, baik anak/pelajar dan para ibu selalu menanti kegiatan serupa. Semangat dan harapan untuk menjadi lebih baik itu nyata terlihat.

“Melalui kegiatan seperti ini, kita berharap mampu memberi manfaat kepada masyarakat luas,” pungkasnya.