Bersama Pemprov, Pushidrosal Bantu Eksplorasi Perairan Bengkulu

Kunjungan Kapushidrosal diterima Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah yang didampingi beberapa pejabat Pemprov (Humas Pushidrosal)

BENGKULU  — Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut  (Pushidrosal) mendukung dan membantu Pemerintah provinsi (Pemprov) Bengkulu dalam  mengeksplorasi dan mengeksploitasi perairan Bengkulu, termasuk yang terkandung di dasar lautnya.

Hal tersebut disampaikan Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro saat mengadakan kunjungan kehormatan ke Kantor Gubernur Bengkulu di  Jln. Pembangunan No. 1 Padang Harapan, Bengkulu.

Kunjungan Kapushidrosal diterima Pelaksana Tugas  (Plt) Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah didampingi beberapa pejabat Pemprov.

Menurut kapushidrosal, provinsi Bengkulu yang sebagian besar wilayahnya berupa laut, pemanfaatan hidrografi dalam pengelolaan  laut, dan sumber daya alam yang ada di dalamnya sangatlah penting.

Kapushidrosal menyetujui permintaan Plt Gubernur untuk membantu Pemrov Bengkulu dalam kegiatan-kegiatan di bidang kelautan, terutama implementasi hidrografi dalam explorasi dan exploitasi Laut Bengkulu.

“Kita akan membantu Pemprov Bengkulu dalam mengelola perairan yang ada di wilayahnya, yang meliputi survei dan penelitian dan kegiatan hidrografi lainnya  dalam bentuk  kegiatan yang dikerjasamakan dengan Pushidrosal,” ujar Kapushidrosal.

Pemimpin Pushidrosal menambahkan bahwa selama ini masyarakat tahu bahwa hidrografi hanya sekedar peta laut saja, tetapi lebih dari itu, hidrografi adalah kunci gerbang perekonomian dan ujung tombak pertahanan laut suatu negara.

Didampingi Koorsahli Pushidrosal Kolonel Laut (P) Amril, ST dan Letkol Laut (T) Rudy Salam  menjelaskan Pushidrosal sebagai Lembaga Hidrografi Nasional yang berkewajiban  untuk menyediakan data dan informasi hidro-oseanografi berupa Peta laut Indonesia (PLI), baik peta kertas maupun Electronic Navigational Chart (ENC) dan Publikasi Nautika untuk keselamatan pelayaran.

Pushidrosal juga  menyampaikan perkembangan kebutuhan dan kemampuan kehidrografian di Indonesia khususnya kapabilitas Pushidrosal, tentang capaian-capaian dari Pushidrosal sesuai dengan tugas, wewenang, dan tanggung jawabnya berdasarkan amanah Keppres 164 tahun 1960 dan Peraturan Presiden Nomor 62 tahun 2016.

Harapannya, dengan adanya kunjungan tersebut masyarakat mengetahui lebih jauh tentang kemampuan dan produk-produk yang dihasilkan oleh Pushidrosal beserta manfaat, dan kegunaannya.