Direksi Baru Pelindo I, III, dan IV Diharapkan Mampu Koneksikan Indonesia

Penyerahan Salinan Keputusan Menteri BUMN tentang direksi baru Pelindo I, Pelindo III, dan Pelindo IV, di Kementerian BUMN, Selasa (06/11/2018). (Humas Kementerian BUMN)

KEMENTERIAN BUMN, Jakarta — Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan, dan Pariwisata Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Edwin Hidayat Abdullah, menyerahkan salinan Keputusan Menteri BUMN tentang direksi baru Pelindo I, Pelindo III, dan Pelindo IV, di Kantor Kementerian BUMN, Selasa (06/11/2018).

Edwin menyampaikan bahwa pengembangan Pelindo atau pelabuhan mampu membuat koneksi Indonesia tercapai. Jajaran Direksi dan Komisaris, menurutnya, harus semakin lebih baik, kompak, dan lebih harmonis.

Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis dan pegawai Kementerian BUMN, Hambra, menambahkan,

“Pelindo ini sekarang timnya semakin beragam. Ada yang dari internal, antar-Pelindo, dan ada juga yang dari BUMN lain. Diharapkan, jangan lagi melihat asal dari mananya, melainkan kita melihat dari keluarga besar BUMN yang mengabdi di mana pun di BUMN manapun sebagai satu ekosistem. Itu harapan kami,” ujarnya.

Untuk Pelindo I, Direktur Bisnis kini dijabat Syahputra Sembiring. Sebelumnya, ia adalah Direktur Operasional dan Komersial. Hozadi Apriza Putra yang sebelumnya Direktur Perencanaan dan Pengembangan, sekarang menjabat Direktur Teknik. Hamied Wijaya, yang semula Direktur SDM dan Umum, diamanahi jabatan Direktur SDM dengan masa jabatan. Sementara Ihsanuddin Usman diangkat sebagai Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis.

Pengalihan penugasan untuk Pelindo III. yakni Joko Noerhudha semula sebagai Direktur Teknik Teknologi Informasi, menjadi Direktur Teknik komunikasi. Toto Heliyanto yang semula Direktur SDM dan Umum menjadi Direktur SDM dengan masa jabatannya sesuai dengan Keputusan Menteri BUMN. Sementara Putut Sri Mulyanto diangkat sebagai Direktur Operasi dan Komersial dan Toto Nugroho sebagai Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis.

Untuk Pelindo IV, Pengalihan penugasan Muhammad Asyhari semula Direktur SDM dan Umum menjadi Direktur SDM. Dengan masa jabatannya sesuai dengan Keputusan Menteri BUMN. Sementara Prakosa Hadi Takariyanto sebagai Direktur Teknik dan Tony Hajar Andenoworih sebagai Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis.

Sebelumnya Ihsanuddin Usman adalah SVP Human Capital Development PT Pertamina, Putut Sri Mulyanto sebelumnya adalah Direktur Utama PT Pelindo Marine Services (PMS), Toto Nugroho jabatan sebelumnya adalah Senior Vice President Integrated Supply Chain (ISC), Prakosa Hadi Takariyanto sebelumnya adalah General Manager Departemen Investasi PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, dan Tony Hajar Andenoworih jabatan sebelumnya adalah Direktur Utama PT Multi Terminal Indonesia (MTI) anak perusahaan PT Pelindo II.