Review dan Updating Peranti Lunak, Dukung Pelaksanaan Tugas TNI AL

 

Waasops Kasal Laksma TNI Yusup menyalami salah seorang peserta usai Penutupan Sidang Dewan Pengembangan Operasi dan Taktik (Wanbangopstik) TNI AL ke-73 tahun 2018, di Gedung Laut Natuna, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara. (Dispen Kolinlamil)

TANJUNG PRIOK, Jakarta — Sidang Dewan Pengembangan Operasi dan Taktik (Wanbangopstik) TNI Angkatan Laut LXXIII tahun 2018 ditutup oleh Wakil Asisten Operasi (Waasops) Kasal Laksma TNI Yusup di Gedung Laut Natuna, Jumat (2/11/2018).

Kegiatan yang berlangsung dua hari ini merupakan forum strategis bagi para Perwira TNI AL dalam melakukan pengkajian, pengembangan, dan pengujian doktrin-doktrin TNI AL untuk dapat menghasilkan pemikiran-pemikiran baru yang berkaitan dengan tugas pokok yang diemban oleh TNI AL.

Wasops Kasal menyampaikan amanat Asops Kasal,

“Sidang Wanbangopstik dilaksanakan selama dua hari. Baik narasumber maupun peserta menunjukkan semangat dan dedikasinya dalam diskusi yang berkembang dinamis dalam forum akademis,” ujarnya.

Hasil yang optimal, baik peranti lunak maupun naskah yang didiskusikan telah teruji dengan baik, kemudian disempurnakan oleh tim perumus untuk diserahkan ke Mabesal guna proses pengesahan dan produksi serta distribusi sebagai referensi operasional di lapangan.

Kegiatan Wanbangopstik, lanjutnya akan terus dilaksanakan secara berkesinambungan dengan pembahasan materi-materi yang menitikberatkan pada pengembangan Doktrin Operasi dan Taktik sesuai dengan perkembangan situasi lingkungan strategis dan kondisi alutsista yang dimiliki.

Sesuai dengan program Wanbangopstik direncanakan untuk dilaksanakan dua kali dalam setahun guna mengakomodasi tingginya dinamika operasional Angkatan Laut. Review dan Updating peranti lunak sangat diperlukan untuk mendukung pelaksanaan tugas TNI AL menuju World Class Navy.

TNI AL dituntut mampu mengatasi berbagai bentuk tantangan yang semakin kompleks dan dinamis. Sejalan dengan visi Poros Maritim Dunia, TNI AL harus mampu hadir untuk melindungi lingkungan dan sumberdaya laut, menjaga keamanan, menjamin keselamatan, dan mempertahankan kedaulatan negara di laut.

Hadir dalam acara tersebut di antaranya, Komandan Lantamal III Jakarta, Wagub AAL, Dirdok Kodiklatal, Komandan Guspurla Koarmada II.