Kerjasama dengan Telkom, Pelindo Akan Bangun Aplikasi ITMS

Kick of Meeting Pelindo 1 dengan PT. Telkom Indonesia. Kedua perusahaan ini akan membangun aplikasi berbasis digital yang dikenal dengan Integrated Talent Management System (ITMS). Aplikasi ini rencananya akan diluncurkan pada tanggal 17 Agustus 2019 mendatang. (Foto: Pelindo 1)

Jakarta- Dalam merealisasikan komitmen perusahaan untuk mengelola karir dan talenta berbasis digital, PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 berkerjasama dengan PT. Telkom Indonesia, akan membangun aplikasi berbasis digital yang dikenal dengan Integrated Talent Management System (ITMS).

Aplikasi ITMS ini bertujuan untuk membuat sistem pengelolaan dan kesempatan pengembangan karir pegawai yang sistematis. Hal ini disampaikan oleh Direktur SDM Pelindo 1 M.Hamied Wijaya saat membuka Kick Off Meeting Pembangunan Aplikasi ITMS (13/03/2019) di Kantor Pusat Pelindo 1, Jakarta Pusat.

“Dalam pengelolaan SDM, Pelindo 1 saat ini tidak lagi menerapkan sistem manual melainkan bertransformasi kepada sistem digital. Pembangunan Aplikasi ITMS ini akan membuat sistem pengelolaan karir pegawai yang transparan dan sistem yang memungkinkan karyawan untuk mengelola, merencanakan karir dan pengembangan dirinya. Aplikasi ini juga nantinya akan memudahkan integrasi data talent ke Kementerian BUMN. Direncanakan aplikasi ini akan launching pada tanggal 17 Agustus 2019,” jelas Hamied Wijaya.

Sementara itu, M. Deta Septianto selaku Steering Committee pembangunan aplikasi ITMS, menjelaskan bahwa dengan adanya aplikasi ITMS ini, pengelolaan talent akan lebih tertata secara sistematis dan rapi. Perusahaan dapat dengan mudah mencari dan menentukan talent-talent yang unggul dalam suatu bidang pekerjaan.

“Aplikasi ini juga mampu meningkatkan keaktifan pegawai dalam menentukan karirnya dalam perusahaan karena dalam setiap proses tahapan akan ada beberepa penilaian yang diukur sehingga membuat pegawai aktif untuk melakukan perbaikan dan pengembangan terhadap dirinya,” jelas Deta Septianto.

Selain itu, Aplikasi ITMS ini juga memiliki keunggulan lainnya seperti tata kelola karir yang lebih baik, kemampuan untuk visualisasi dan analisis data untuk para petinggi perusahaan, dan ITMS memastikan bahwa data dapat di kompulir secara baik, sehingga mengurangi kemungkinan perbedaan data. Aplikasi ini direncanakan akan diterapkan kepada seluruh pegawai baik Talent dan Top Talent.

Telenta Berbasis Digital

Pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam hal persaingan pasar kerja. Tahun lalu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menggelar program pendidikan sumber daya manusia (SDM) mumpuni di teknologi digital (talenta digital) dengan 1.000 peserta, hal tersebut dilakukan untuk menyiapkan Indonesia guna menghadapi era revolusi Industri 4.0.

Tahun ini, rencananya, pemerintah akan mengadakan program pendidikan sumber daya manusia untuk 20 ribu orang.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara mengungkapkan arti penting peningkatan kuantitas dan kompetensi SDM yang memiliki keahlian teknis agar mampu bersaing di era revolusi Industri 4.0.

Ketersediaan sumber daya manusia yang kompeten dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) pun, menjadi perhatian serius Pemerintahan Kabinet Kerja.

“Isu nomor satu di Indonesia adalah masalah talenta SDM. Microsoft, Cisco, kesulitan mencari teknisi, Saya akhirnya membuat program Digital Talent Scholarship di Indonesia. Tahun ini, kita mulai dengan 1.000 peserta yang bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi,” ungkap Rudiantara, saat berkunjung ke Binar Academy dan Techpolitan di The Breeze, BSD, Kabupaten Tangerang, beberapa waktu lalu.  (Tri M)