MRT Beroperasi, Menkeu Sri Mulyani Berharap MRT Bisa Berdampak Pada Ekonomi

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, saat melakukan uji coba kereta Mass rapid transit (MRT) Kamis (06/03/2019). (Foto : kemenkeu.go.id)

Jakarta- Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melakukan uji coba kereta Mass rapid transit (MRT) Kamis (06/03/2019). MRT Jakarta sendiri akan mulai dilakukan pada 12 Maret 2019 yakni hari ini.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati berharap masyarakat dapat menikmati sebuah transportasi umum yang nyaman dan efisien dengan segera beroperasinya Mass Rapid Transit (MRT). Selain dampak ekonomi yang akan muncul, dampak terhadap kualitas SDM Indonesia juga diharapkan akan turut meningkat.

“(MRT) banyak merekrut para profesional Indonesia yang bekerja di luar negeri untuk kembali ke Indonesia, ada dari operasional dan konstruksi. Beliau-beliau bekerja di luar negeri mendapatkan gaji yang baik namun merasa terpanggil kembali ke Indonesia untuk membangun sistem MRT ini,” jelas Menkeu di akhir kunjungan uji coba MRT Jakarta,

Di stasiun MRT Senayan, Menkeu bercerita kepada awak media mengenai pengelolaan SDM, aspek kebersihan, keamanan, serta sirkulasi jalur para penumpang. Ia mengatakan cara pengelolaan ini akan mampu mentransformasikan Jakarta menjadi masyarakat yang modern.

“(MRT) akan banyak sekali mengurangi polusi udara, mengurangi kemacetan, sampai mengubah kultur masyarakat Indonesia untuk berjalan, menggunakan transportasi umum dan ikut memeliharanya. Jakarta benar-benar masuk dalam era sebagai kota modern,” ujarnya.

Di samping itu, 80% jajaran perusahaan MRT Jakarta yang diduduki oleh generasi milenial diharapkan akan menjadi sebuah proses perubahan demografi yang menggembirakan. Generasi muda akan menjadi penerus berbagai program pembangunan dan mereka secara bertahap akan menjadi generasi yang memimpin dan mengurus republik ini, ujar Menkeu.

MRT Siap Beroperasi

Sebagai informasi, sebelumnya Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar mengatakan, bahwa kesiapan pengoperasian MRT ini sudah 99%, di mana untuk uji coba bagi publik atau masyarakat umum akan dilakukan pada Maret 2019.

“Untuk uji coba MRT kepada publik akan dilakukan pada 5 Maret 2019. Dan masyarakat bisa mulai pendaftaran melalui website MRT,” ujarnya.

Dia menjelaskan selama uji coba MRT kepada masyarakat umum ini, ada kuota kepada penumpang yang harus naik. Namun, MRT menargetkan ada 28 ribu penumpang per hari.

“Kita target setiap hari 28 ribu penumpang. Gratis selama uji coba tersebut,” ujarnya.

Dia menambahkan, tujuan uji coba kepada masyarakat umum ini, untuk memperkenalkan secara luas MRT. Karena MRT transportasi pertama kali di Indonesia.

“Jadi masyarakat perlu kenal gimana caranya, gimana budanya bagaimana tata caranya supaya ikut memperkenalkan MRT Jakarta ini seperti apa. Kan berharap semuanya naik MRT,” katanya.  (Tri M)