Pushidrosal Terima Kunjungan Dua Komandan Kapal Survey Australia

KUNJUNGAN : Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (Pushidrosal) menerima kunjungan dua komandan kapal survei Australia (01/03/2019). (Foto : pushidrosal.id)

Ancol Timur, Jakarta Utara- Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (Pushidrosal) menerima kunjungan dua komandan kapal survei Australia (01/03/2019). Kunjungan ini dilakukan langsung oleh Komandan MMAS Leeuwin A245 Commander Richard Mortimer, Komandan HMAS Diamantina Lieutenant Commander Darren McDevit dan didampingi Deputi Athan Australia Kolonel Mattew Brown, di Anjungan utama Pushidrosal, Ancol Timur, Jakarta Utara.

Kunjungan tamu dari Royal Australian Navy (RAN) ini diterima Direktur Operasi Survei dan Pemetaan (Diropssurta) Pushidrosal Kolonel Laut  (KH) Drs. Haris Djoko Nugroho mewakili Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Ir. Harjo Susmoro, yang didampingi beberapa perwir staf Pushidrosal.

“Kunjungan ini merupakan rangkaian kegiatan memperingati peperangan laut jawa dengan puncak pelaksanaan tabur bunga di atas kerangka kapal HMAS Perth dengan menggunakan unsur TNI AL KRI Usman Harun,” ujar Haris, dalam keterangan tertulis, Jumat (1/3/2019).

Dalam kunjungan tersebut dibahas beberapa hal, di antaranya tentang kerjasama pendidikan terkait pengiriman perwira Pushidrosal  yang sudah diasistensi oleh kantor hidrografi Australi. Supaya dapat melaksanakan pendidikan Category B di HMAS penguins di tahun 2019, sebelumnya terakhir  di tahun 2007 sebagai bentuk hasil dari kegiatan ship rider sebelumnya.

Selain itu, pertemuan tersebut juga membahas tentang  peluang kerjasama pembuatan peta bersama di perbatasan Indonesia dan Australia yang  dapat dimulai di perairan yang berbatasan antara Indonesia dan Chritmas island.

Perwira Pushidrosal 

Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) adalah Kotama Pembinaan TNI Angkatan Laut yang berkedudukan langsung di bawah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal). Sebelumnya satuan ini bernama Dinas Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Dishidrosal).

Pushidrosal mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pembinaan fungsi dan pelaksanaan kegiatan Hidro-Oseanografi (Hidros) yang meliputi survei, penelitian, pemetaan laut, publikasi, penerapan lingkungan laut dan keselamatan navigasi pelayaran baik untuk kepentingan TNI maupun umum, dan menyiapkan data serta informasi wilayah pertahanan di laut dalam rangka mendukung tugas pokok TNI Angkatan Laut.

Rencana kerjasama pendidikan terkait pengiriman perwira Pushidrosal dengan Australia menjadi salah satu upaya untuk berbagi pengetahuan. Terutama mengenai tugas, pokok dan fungsi Pushidrosal itu sendiri.

Secara khusus, kedua komandan kapal survei RAN itu menyampaikan permohonan bantuan pemerintah Australia melalui Athan, yang  menyampaikan bahwa berdasarkan Kep Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 21 tahun 2018. Peraturan ini menetapkan perairan di sekitar kerangka HMAS perth di Selat Sunda yang merupakan Kawasan Konservasi Maritim, untuk dapat dimasukan di dalam peta laut maupun Electronic Navigational Chart (ENC) Boundary di sekitar kerangka kapal. Hal itu dimaksudkan untuk menjaga agar tidak rusak dari jangkar kapal lain ataupun kegiatan lainnya. (Tri M)