Wagub AAL Hadiri Upacara Pembukaan Latopshantai 2019

Pembukaan Latihan Operasi Pertahanan Pantai (Latopshantai) tahun 2019. (Foto : Aal Bumimoro)

SURABAYA – Wakil Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E. menghadiri Upacara Pembukaan Latihan Operasi Pertahanan Pantai (Latopshantai) tahun 2019 yang dibuka secara resmi oleh Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) Laksamana Muda TNI Dedy Yulianto di Auditorium Gedung JOPR, Kodiklatal Surabaya, Senin (8/4/2019).

Dalam amanatnya Komandan Kodiklatal Laksamana Muda TNI Dedy Yuliantomengatakan tujuan pelaksanaan kegiatan Latopshantai 2019 adalah untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme prajurit TNI Angkatan Laut dibidang operasi pertahanan pantai, menyamakan pola pikir, pola sikap dan pola tindak serta menguji doktrin dalam pelaksanaan operasi-operasi keamanan laut.

“Sasaran yang diharapkan adalah meningkatkan kemampuan dan profesionalitas prajurit TNI Angkatan Laut dalam mewujudkan visi TNI Angkatan Laut yang profesional, modern, berkemampuan proyeksi regional dan berkomitmen global guna menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia serta mendukung negara sebagai poros maritim dunia”, kata Komandan Kodiklatal.

Acara yang diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya secara bersama-sama oleh seluruh peserta yang hadir ini adalah latihan operasi gabungan yang melibatkan dari berbagai angkatan, memerlukan adanya mekanisme yang baik dalam pembagian tugas. Mengingat pada pelaksanaan sebenarnya memerlukan sinergitas dan interoperabilitas agar mampu mencapai tugas pokok yang diberikan oleh komando atas.

“Selain itu, opshantai sendiri dilaksanakan dibawah komando tugas gabungan operasi pertahanan pantai (Kogasgabhantai) yang terdiri dari TNI Angkatan Laut sebagai kekuatan inti dengan melibatkan komponen TNI Angkatan Darat dan komponen TNI Angkatan Udara. Sebagai kekuatan inti, prajurit matra laut dituntut untuk mampu melaksanakan operasi ini secara profesional”, tegas Komandan Kodiklatal.

Diakhir amanatnya, Komandan menekankan kepada para peserta latihan agar mengikuti latihan dengan sungguh-sungguh sesuai dengan program yang telah direncanakan.

Inovasi baru agar tercipta suasana latihan yang harmonis dan tidak monoton serta manfaatkan fasilitas teknologi dan sarana prasana secara maksimal guna meningkatkan kemampuan TNI Angkatan Laut kedepan, karena profesional prajurit tidak akan pernah tercapai tanpa adanya latihan yang rutin dan terukur.