Nyebrang Mudah dengan Aplikasi Nyebrang Yuk!

Pelindo 1 Luncurkan Layanan E-Commerce untuk Pemesanan Tiket Kapal Laut di Seluruh Indonesia. Aplikasi ini mempermudah masyarakat untuk memesan tiket kapal laut. (Foto: Pelindo 1)

TanjungpinangPelindo 1 luncurkan layanan  E-Commerce untuk Pemesanan Tiket Kapal Laut di Seluruh Indonesia. Aplikasi ini dinamakan debagai aplikasi Nyebrang Yuk!. Aplikasi ini bertujuan untuk memudahkan pengguna transportasi laut melalui gadget masing.

Melalui aplikasi ini, pengguna bisa memesan kapan dan di mana saja sesuai dengan jadwal yang diinginkan. Masyarakat tidak perlu lagi mengantri untuk mendapatkan tiket kapal laut.

Diluncurkan pada Minggu, 28 Juli 2019 di Gedung Daerah Tanjungpinang, Kepulauan Riau, aplikasi ini merupakan aplikasi pemesanan tiket penyebrangan secara online yang pertama kali diluncurkan. Hadir dalam peluncuran aplikasi tersebut, Plt. Gubernur Kepulauan Riau Isdianto, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepri Gunawan, Walikota Tanjungpinang yang diwakili Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Irwan, Direktur Operasi dan Komersial Pelindo 1 Syahputera Sembiring, dan General Manager Pelindo 1 Cabang Tanjung Pinang Arif Indra Perdana.

Nyebrang Yuk! untuk pertama kali diimplementasikan di Terminal Penumpang Sri Bintan Pura dengan langkah awal menggandeng perusahaan pelayaran Marina Group. Selanjutnya aplikasi ini akan bekerja sama dengan para operator pelabuhan dan perusahaan pelayaran lainnya di seluruh wilayah di Indonesia untuk menggunakan aplikasi ini. Tujuan digitalisasi ini untuk layanan yang cepat, tepat, dan akurat yang semakin memudahkan masyarakat,” terang Direktur Operasi dan Komersial Pelindo 1, Syahputera Sembiring.

Menurutnya, aplikasi ini mempermudah masyarakat untuk memesan tiket kapal laut. Ia juga menyarankan semua perusahaan dan operator pelabuhan untuk menggunakan aplikasi ini sebagai bentuk dukungan Gerakan Nasional Non Tunai yang dicanangkan pemerintah.

“Aplikasi Nyebrang Yuk! dan Self Service Kiosk mendukung Kota Tanjungpinang dalam mengembangkan konsep smart city. Aplikasi ini menjadi pilot project untuk seluruh pelabuhan penumpang di Indonesia yang juga diharapkan mampu mendorong sektor pariwisata yang mampu memudahkan wisatawan untuk membeli tiket secara online dari mana saja. Kini nyebrang makin gampang karena dengan Nyebrang Yuk!, masyarakat tinggal Pilih, Bayar, dan Nyebrang,” tutup Syahputera Sembiring.

Plt. Gubernur Kepri Isdianto turut mengapresiasi aplikasi gagasan Pelindo 1 yang semakin memudahkan masyarakat.

“Aplikasi ini menjadi wujud keseriusan Pelindo 1 dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Oleh karena itu, mari kita bersama-sama menggunakan dan memanfaatkan aplikasi ini, dan semoga akan ada berbagai inovasi baru dari Pelindo 1 dalam memberikan layanan terbaik untuk masyarakat,” jelas Isdianto.

Aplikasi Nyebrang Yuk!

Aplikasi Nyebrang Yuk! ini mampu memberikan data penumpang secara digital di setiap pelayaran yang divalidasi menggunakan kartu identitas penumpang secara realtime. Aplikasi ini sudah bisa diunduh melalui Google Play dan akan hadir di App Store pada pertengahan bulan Agustus.

Aplikasi yang mudah dioperasikan ini membuat masyarakat bebas memilih kapal dan destinasi yang diinginkan yang dilengkapi dengan berbagai pilihan metode pembayaran elektronik (cashless). Selain melalui aplikasi Nyebrang Yuk!, masyarakat juga bisa membeli langsung tiket kapal laut di Terminal Penumpang Sri Bintan Pura melalui Self Service Kiosk serta bisa langsung mencetak boarding pass secara mandiri baik membeli tiketnya melalui Self Service Kiosk ataupun aplikasi Nyebrang Yuk!

Saat ini Nyebrang Yuk! sudah bisa dinikmati oleh masyarakat yang berangkat dari Terminal Sri Bintan Pura menuju Batam, yang nantinya juga bisa ke berbagai daerah tujuan lainnya, seperti: Tanjung Balai Karimun, Galang, Moro, Tanjung Batu, Pulau Bukit, Tajur Biru, Sei Tenam, Senayang, Pancur, Cempa, Mensana, Dabo Singkep (Jago).