Peringatan HUT Jalasenastri Kolinlamil Ke-73

Sesi foto bersama saat memeringati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-73 Jalasenastri tahun 2019 yang berlangsung di Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta Utara. (Foto: Dispen Kolinlamil)

Jakarta- Pengurus Gabungan Jalasenastri Kolinlamil memeringati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-73 Jalasenastri tahun 2019, Selasa (27/08/2019). Peringatan ini dipimpin langsung Yayuk Heru Kusmanto. Berlangsung di Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta Utara, tema hari ulang tahun yang diangkat adalah Jalasenastri Berperan aktif Mencerdaskan Dan Mensejahterakan Keluarga TNI Angkatan Laut  serta peduli Kesehatan dan Pelestarian Lingkungan Hidup.

Pada peringatan HUT Ke-73 Jalasenastri ini telah dilaksanakan berbagai kegiatan diantaranya, ziarah, anjangsana, tabur bunga ke Taman Makam Pahlawan dan Makam para mantan Ketum Jalasenastri, donor darah serta lomba Paduan Suara dan Dirigen untuk seluruh anggota Jalasenastri Wilayah Barat dan Timur.

Ketum Jalasenastri, Manik Siwi Sukma Adji,  mengatakan bahwa tujuh puluh tiga tahun adalah umur yang menunjukkan kematangan organisasi. Berbagai suka dan duka serta pengalaman yang dilalui, masih panjang perjalanan yang harus ditempuh untuk mengarungi dan mengisi serta meneruskan apa yang sudah dicapai.

“Dirgahayu Jalasenastri ke-73 semoga semakin jaya di masa yang akan datang”, ungkap Ny. Manik Siwi Sukma Adji.

Menurutnya, keberadaan organisasi ini yakni untuk membantu meningkatkan kepedulian sosial, pendidikan dan kesejahteraan Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) TNI Angkatan Laut beserta keluarganya. Jalasenastri juga turut membantu pemerintah dalam program pelestarian lingkungan dengan melakukan penanaman bakau untuk menjaga ekosistem pantai.

Turut hadir memeriahkan hari yang bersejarah bagi istri-istri prajurit TNI AL (Jalasenastri).  Acara puncak peringatan HUT Jalasenastri 2019 dibuka langsung oleh Ketua Umum (Ketum) Jalasenastri, Manik Siwi Sukma Adji.  Hadir pula Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, selaku Pembina Utama Jalasenastri.

Pembinaan Organisasi Jalasenastri

Kasal dalam sambutannya selaku Pembina Utama Jalasenastri mengatakan bahwa dalam kehidupan berkeluarga, seorang ibu atau istri memiliki peran yang sangat penting, karena sebagai tiang dalam keluarga yang akan menciptakan keluarga yang sakinah.

Secara spesifik kaum ibu diibaratkan sebagai pilar utama bangsa, namun tetap diupayakan agar selaras dengan pembinaan organisasi Jalasenastri.

“Jadilah istri yang setia mendampingi dan mendukung suami, serta ibu yang mampu menjadi pendidik maupun pengasuh bagi putra-putrinya”, ungkapnya.

Acara puncak Peringatan HUT ke-73 Jalasenastri ditandai dengan pemotongan tumpeng, pemutaran video ucapan ulang tahun dari Jalasenastri seluruh Indonesia, penampilan tari daerah Jawa, Padang, Papua dan Betawi.

Tarian ondel – ondel dan Mandau menjadi sajian yang menarik dalam acara tersebut. Peragaan busana batik ecoprint yang merupakan karya istri – istri prajurit TNI AL ini pun menjadi persembahan dalam acara yang digelar dengan nuansa yang fashionable.

Acara menjadi semakin semarak dengan digelarnya Jala Fair 2019. Acara ini berlangsung selama 3 hari dan terbuka untuk umum. Kegiatan ini mengenalkan hasil karya anggota jalasenastri seluruh Indonesia dengan produk unggulan batik ecoprint.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ibu Panglima TNI sebagai Ketua Umum Dharma Pertiwi, Kasad sebagai Ketua Umum Persit Kartika Candra Kirana, Ketum Jalasenastri dari masa ke masa, para pejabat utama Mabesal, para pimpinan Kotama TNI AL, para Kepala Dinas Mabesal, Pengurus Inti Pusat Jalasenastri, Pembina dan Ketua Gabungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *