Satlinlamil Adakan Latihan Penanggulangan Bahaya Kebakaran

Latihan operasi matra laut Triwulan III tahun 2019 ini, Satlinlamil Jakarta memprioritaskan latihan penanggulangan kebakaran untuk memberi pengetahuan dan ketrampilan kepada seluruh prajurit sesuai prosedur, baik perorangan maupun tim. (Foto: Dispen Kolinlamil)

Jakarta- Jajaran Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Jakarta melaksanakan latihan penanggulangan Bahaya kebakaran, di Mako Satlinlamil, Jakarta, Senin (05/08/2019). Latihan ini merupakan salah satu program Latihan Operasi Matra Laut (Latopsmatla) TA. 2019.

“Tingkatkan kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran, baik terhadap aset Kolinlamil di darat, lebih-lebih di KRI, semua harus menyadari bahwa lingkungan kerja kita dikelilingi oleh material yang mudah terbakar dan meledak, kita tidur diatas bahan bakar dan amunisi,” ujar Panglima TNI Heru Kusmanto saat entry briefing di Mako Satlinlamil beberapa bulan lalu.

Maka dari itu, menurutnya, untuk mengantisipasi hal ini tidak ada cara lain kecuali meningkatkan kewaspadaan serta kepedulian terhadap lingkungan, cek and recek.

Latihan ini juga sebagai tindak lanjut atau wujud dari perintah Panglima Kolinlamil Laksda TNI Heru Kusmanto. setelah mencermati beberapa kejadian (kebakaran) di beberapa instansi, khususnya di TNI AL hingga menyebabkan kerugian materi akibat kelalaian.

“Setiap prajurit yang terlibat dalam organisasi PEK harus memahami tugas dan tanggung jawabnya, apa yang harus dilakukan, harus terpatri dalam mindset setiap prajurit. Hal ini dapat terwujud melalui latihan, latihan dan latihan,” jelas Panglima lagi.

Ketrampilan Prajurit

Latihan operasi matra laut Triwulan III tahun 2019 ini, Satlinlamil Jakarta memprioritaskan latihan penanggulangan kebakaran untuk memberi pengetahuan dan ketrampilan kepada seluruh prajurit sesuai prosedur, baik perorangan maupun tim.

Komandan Satlinlamil Jakarta, Kolonel Laut (P) Hery Winarno menekankan bahwa pada latihan yang diselenggarakan kali ini harus mampu dikuasai oleh seluruh Prajurit agar lebih siap, sigap, tepat dan profesional.

“Latihkan prajurit untuk mengawaki peralatan penanggulangan kebakaran, agar selalu siap dan sigap apabila terjadi bahaya kebakaran” tandas mantan Komandan Lanal Tanjung Balai Karimun ini.

Sasaran latihan adalah untuk penyegaran kembali ilmu yang didapat selama bertugas dan lebih terampil menggunakan serta mengoperasikan alat pemadam kebakaran secara optimal dan profesional.

Kegiatan yang berlangsung mulai tanggal 5 hingga 10 Agustus 2019 ini diikuti 115 prajurit dari staf dan unsur KRI jajaran Satlinlamil Jakarta.

Latihan yang digelar kali ini meliputi teori dan praktek lapangan yang dilaksanakan di Gedung Laut  Natuna dan praktek di Dermaga Beaching dan KRI. Sedangkan pelatih didukung instruktur dari Sops Satlinlamil Jakarta dan Perwira KRI bekerja sama dengan Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Utara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *