KRI Tanjung Kambani 971 Singgah Sibolga, Dukung Pelantara-9

Kedatangan KRI Tanjung Kambani 971 bersama Satgas Pelantara-9 ini disambut oleh Forkominda Sibolga-Tapteng. (Foto: Dispen Kolinlamil)

Jakarta- KRI Tanjung Kambani 971 yang dikomandani Letkol Laut (P) Masrurun, mengangkut Satgas Pelantara-9 Sail Nias 2019 sejumlah 770 orang, terdiri dari 443 Pramuka Saka Bahari, 130 Pemuda Nusantara, 135 Bela Negara, 12 Narasumber dan 50 panitia serta 80 pengawak KRI Tanjung Kambani 971. Setelah singgah di Sibolga, KRI Tanjung Kambani-971 bersama Satgas Pelantara-9 bergerak menuju Nias Selatan.

Sementara itu, Komandan Kontingen Bela Negara, Kolonel Luhkito Hadi Iswanto, menyampaikan sambutan mewakili kontingen Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) 9, di Dermaga Baru, Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara, sesaat setelah peserta tiba, Selasa (10/9) pukul 07.30 WIB.

Bela Negara merupakan satu dari tiga satuan yang tergabung dalam Pelantara 9, selain Kapal Pemuda Nusantara (KPN) dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Saka Bahari binaan TNI Angkatan Laut.

Bela Negara, kata Rudi, bertujuan untuk menanamkan rasa nasionalisme dalam diri para peserta melalui berbagai kegiatan dan salah satunya adalah melalui kegiatan pelayaran seperti ini.

“Ini adalah salah satu kegiatan yang bertujuan menumbuhkan nasionalisme dalam diri kaum muda, khususnya bagi mereka yang ikut dalam kegiatan pelayaran bersama seperti ini,” jelas Rudi.

Senada dengan Letkol Rudi, dalam sambutan di Dermaga Baru, Kol Luhkito mengatakan bahwa Bela Negara memang dirancang untuk menanamkan rasa cinta tanah air dalam diri kaum muda.

Bela Negara merupakan salah satu kontingan yang ikut dalam Pelantara 9 tahun ini. Dua kontingen lainnya adalah Kapal Pemuda Nusantara dari Kemenpora dan Saka Bahari dari TNI Angkatan Laut.

Pelantara 9 akan berada di Nias selama lima hari hingga puncak Sail Nias tanggal 14 September yang rencananya akan dihadiri Presdien Joko Widodo.

KRI Tanjung Kambani 971

Dalam pelayaran kali ini, KRI Tanjung Kambani 971 yang mendukung Satgas Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara)-9 Sail Nias 2019 tiba di dermaga Pelindo Sambas, Sibolga, Jumat (06/09/2019).

Kedatangan KRI Tanjung Kambani 971 bersama Satgas Pelantara-9 ini disambut oleh Forkominda Sibolga-Tapteng dengan diiringi Semapur ucapan selamat datang dari Pramuka Saka Bahari serta pengalungan bunga kepada Dansatgas KPN (Kapal Pelayaran Nusantara) dan Komandan KRI Tanjung Kambani-971.

Mereka disambut Wakil Bupati Tapteng, Ketua DPRD Tapteng, Wakil Ketua DPRD Sibolga, Komandan Lanal Sibolga, Komandan KRI Teluk Gilimanuk-53, Kapolres Sibolga, Dansatrad 234, Komandan KRI Kurau-856, Kapolres Tapteng dan Danramil 06/ Kota Sibolga.

Hadir pula, Ketua beserta pengurus Cab 3 Korcab II DJA I, Ketua IKKT Satradar 234, Ketua Bhayangkari Sibolga dan Ketua Bayangkari Tapteng.

Usai upacara penyambutan, seluruh peserta Pelantara-9 menerima pembekalan dari Deputi Bidang Kepemudaan Kemenpora Prof. DR. Faisal Abdullah di gedung terminal penumpang pelabuhan Sibolga. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan interaksi sosial dan olahraga bersama dengan siswa sekolah se-Sibolga Tapteng di SMAN Matauli Pandan serta melaksanakan kegiatan bersih pantai dan perlombaan serta eksebisi di Pantai Indah Pandan Tapteng.