Lomba Catur, Jadi Salah Satu Kegiatan saat Latihan Gabungan TNI 2019

Lomba catur salah satu jenis lomba yang digelar dalam Latihan Gabungan TNI 2019 Dharma Yudha. (Foto: Dispen Kolinlamil)

Jakarta- Seluruh prajurit dari masing-masing Komando Tugas TNI mengikuti Olahraga bersama yang digelar di Geladak Heli kapal perang. Pertandingan olahraga diatas KRI Teluk Bintuni, warnai kebersamaan Komando Tugas Gabungan Pendaratan Administrasi (Kogasgabratmin) dan Komando Tugas Pendaratan Gabungan (Kogasratgab) saat lintas laut usai Latihan Gabungan TNI 2019, Minggu (15/09/2019).

Diawali dengan Senam sebagai pemanasan, seluruh peserta olahraga dengan semangat mengikuti gerakan demi gerakan yang dibawakan oleh pemandu. Sesi ini juga diselingi dengan games interaktif oleh para pemandu.

Pangkolinlamil selaku Pangkogasgabratmin, Laksda TNI Heru Kusmanto, juga ikut bertanting dalam orahraga kali ini. Menurutnya,  olahraga bersama ini sengaja diadakan sebagai upaya mempererat hubungan antar prajurit dari kedua Komando Tugas yang terlibat Latihan Gabungan TNI 2019 “Dharma Yudha” menjadi lebih akrab, kompak dan solid.

“Olahraga bersama ini untuk mempererat hubungan antar prajurit Kogasgabratmin (TNI AL) dan Kogasratgab (TNI AD). Karenanya kalah atau menang dalam lomba, bukan tujuan utama, tetapi kebersamaan dan soliditas dalam kerjasama lebih menjadi prioritas”, tutur Panglima Kolinlamil.

Menurutnya lagi, keakraban antar prajurit akan memudahkan koordinasi dalam menghadapi tugas-tugas yang akan datang, seperti Pengamanan Perbatasan dan Pulau-pulau terluar.

Lomba antar Prajurit

Kegiatan dilanjutkan dengan digelarnya berbagai lomba, diantaranya Bulutangkis, Tenis meja, Catur dan permainan kartu.

Lomba ini memacu para prajurit dari kedua Komando Tugas lebih serius dalam bertanding, karena selain telah disiapkan hadiah oleh Pangkolinlamil, juga ingin menunjukkan hasil pembinaan serta kekompakan yang dimiliki tim mereka. Alhasil lomba berjalan penuh keseruan dan kegembiraan. Setelah pertandingan yang seru di cabang Bulutangkis dan tenis meja, saatnya para peserta memusatkan pikiran, konsentrasi penuh dalam perlombaan berikutnya yakni pertandingan catur dan kartu.

Pertandingan persahabatan antar kedua Komando Tugas ini selain mengisi kegiatan saat lintas laut dari Perairan Banongan hingga Jakarta, juga untuk mempererat hubungan antara Kolinlamil dengan Kostrad dhi. Divisi I.

Kegiatan diakhiri dengan acara pemberian penghargaan kepada para pemenang, dilanjutkan dengan yel-yel serta panggung hiburan dan ramah tamah.