Sukseskan Sail Nias Tahun 2019, KRI Tanjung Kambani 971 SiapBerlayar

Upacara pelepasan KRI Tanjung Kambani 971, Senin (2/09/2019) oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly dalam rangka mensukseskan Sail Nias Tahun 2019. (Foto: Dispen Kolinlamil).

Jakarta- Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly melepas KRI Tanjung Kambani 971, Senin (2/09/2019). KRI Tanjung merupakan Salah satu kapal perang Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil).

Pelepasan KRI Tanjung Kambani 971 ini dalam rangka mendukung Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara)-9 Sail Nias Tahun 2019. Melalui Upacara Pelepasan di Dermaga JICT 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Secara resmi, pelepasan ini berlangsung.

KRI Tanjung Kambani 971 yang dikomandani Letkol Laut (P) Masrurun, M. Tr. Hanla berlayar menuju Pulau Nias mendukung 770 orang yang terdiri dari 443 Pramuka Saka Bahari, 130 Pemuda Nusantara, 135 Bela Negara, 12 Narasumber dan 50 panitia serta 80 pengawak KRI Tanjung Kambani 971.

Pelantara ke 9 kali ini bertemakan “Sinergi Membangun Generasi Kreatif dan Berkarakter” dan akan dilaksanakan mulai tanggal 2 sampai dengan 21 September 2019 mendatang, dengan rute Jakarta-Sibolga-Nias Selatan -Lampung-Jakarta.

Pelantara adalah puncak kegiatan Pramuka Saka Bahari yang diwujudkan melalui pelayaran menggunakan Kapal Perang TNI Angkatan Laut, menyinggahi pulau-pulau terdepan wilayah NKRI guna menumbuhkan rasa cinta tanah air dan semangat bahari dalam menyukseskan program pemerintah melalui Sail Nias tahun 2019.

Bersamaan ini juga dilaksanakan kegiatan sesuai program Kapal Pemuda Nusantara, yang merupakan kegiatan Bela Negara dari Kementerian Pertahanan dan kegiatan Kepramukaan binaan Dispotmar Angkatan Laut.

“Program ini dapat meningkatkan wawasan dan kesadaran pemuda Indonesia tentang kemaritiman, meningkatkan nasionalisme dan patriotisme pemuda Indonesia, serta meningkatkan daya saing pemuda Indonesia di kancah persaingan global yang kian kompetitif” Jelas Kasal, Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, menjelang upacara pelepasan.

Sail Nias tahun 2019

Kegiatan tersebut dirangkai dengan pelepasan Satgas Surya Bhaskara Jaya yang didukung KRI Semarang 594 dengan kekuatan sejumlah 496 orang. KRI Semarang ini juga melaksanakan bakti sosial berupa pelayanan kesehatan, perbaikan rumah ibadah dan kegiatan lain dalam rangka membantu masyarakat setempat.

Upacara pelepasan Pelayaran Nusantara Pramuka Saka Bahari, Surya Bhaskara Jaya dan Sail Nias 2019 merupakan kegiatan yang saling mendukung, terkait dengan program pemerintah dalam mensukseskan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Penyelenggaraan Sail Nias tahun 2019 puncaknya akan digelar pada 14 September di Teluk Dalam, Nias Selatan, dan dijadwalkan akan dihadiri Presiden RI. Dan untuk kegiatan perlombaan Sail Nias tahun 2019 dilaksanakan di semua kabupaten/Kota Se-kepulauan Nias, dengan mengangkat tema “Nias Menuju Gerbang Destinasi Wisata Dunia”.

Penyelenggaraan Sail Nias 2019 akan dimeriahkan oleh berbagai rangkaian kegiatan menarik yang bisa dinikmati oleh wisatawan, antara lain festival lompat batu sekepulauan Nias, parade kapal nelayan tradisional, gebyar kopi, dan berbagai macam kegiatan lainnya.

Selain dapat mendorong Sumatera Utara menjadi destinasi wisata dunia, diharapkan melalui Sail Nias juga dapat sekaligus mendongkrak devisa negara dengan berbagai daya tarik wisata yang ada di Nias.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *