276 Siswa SMA Labschool UPI Berkunjung ke KRI Banda Aceh 593

276 orang siswa–siswi SMA Labschool UPI Bandung mengunjungi Kolinlamil dan belajar seputar sejarah kapal KRI Banda Aceh 593. (Foto: Dispen Kolinlamil)

Jakarta- Wisata edukasi bagi siswa/siswi sekolah baik Taman kanak-kanak, Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama serta Menengah Atas menjadi sangat menarik.  Apalagi belajar mengenai sejarah.

Dalam hal ini, SMA Labschool  Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung berkunjung ke KRI Banda Aceh 593 yang sandar di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (3/10). 276 orang siswa–siswi sangat antusias mengikuti acara ini.

Pimpinan SMA Labschool  UPI Bandung Lia Laila, menjelaskan bahwa kunjungan sekolahnya ke kapal perang merupakan bagian dari kurikulum yang telah disusun dalam rencana kegiatan belajar siswa.

“Kegiatan ini sudah menjadi bagian dari kurikulum sekolah yaitu wisata edukasi,” jelasnya

Kapal perang yang merupakan simbol eksistensi Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut, kini menjadi salah satu tujuan wisata edukasi bagi sekolah-sekolah.

KRI Banda Aceh 593 merupakan Kapal perang Republik Indonesia/KRI yang berada di dermaga Mako Kolinlamil Tanjung Priok.

Selain mengenal kapal ini, Kolinlamil juga memberikan wawasan kebaharian dan kemaritiman bagi para siswa-siswi. Kolinlamil menceritakan bahwa nenek moyang kita adalah pelaut yang mampu menjelajah lautan sampai ke luar wilayah nusantara.

“Kami datang ke kapal perang untuk wisata edukasi, agar anak–anak bisa langsung melihat kapal yang selama ini hanya liat dibuku pelajaran atau media lainnya,” ungkap Lia Laila.

Mengenal Sejarah dan Perjuangan TNI

Rombongan para pelajar Sekolah Menengah Atas ini mengaku senang dengan kunjungannya ke Kapal perang KRI Banda Aceh 593, ia mengatakan kalau kapal yang dikunjunginya seperti dalam film. “Saya senang bisa melihat dan masuk ke KRI Banda Aceh 593, kapalnya besar seperti di film,” katanya Rani salah satu siswa dengan polos.

Saat ditanya kepada salah satu siswa SMA Labschool  UPI Bandung tentang rasanya naik kapal perang, dengan polosnya mengatakan gembira karena bisa naik kapal besar.

“I like it, cause i can aboard in the big ship,” katanya dalam bahasa Inggris yang memang menjadi bahasa sehari-hari di sekolah mereka.
Kolinlamil menerima kunjungan wisata edukasi untuk tingkat anak-anak play group, TK, SD maupun sekolah lanjutan, pada umumnya kegiatan kunjungan ke kapal perang Kolinlamil ini dimaksudkan sebagai salah satu program field trip ke tempat yang bernilai sejarah dan mengandung nilai edukasi.

Namun ada juga yang sekedar berwisata untuk mengisi pelajaran atau liburan sekolah dengan naik kapal perang untuk menambah wawasan pengetahuan kemaritiman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *