Semangat Pemuda dalam Bidang Kemaritiman

Jakarta- Panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Laksma TNI Ahmadi Heri Purwono, menyatakan bahwa Pemuda yang memiliki karakter yang tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja.

Hal ini disampaikannya saat memacakan pesan dari Menpora dalam Peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun 2019 yang berlangsung di Lapangan Mulyono Silam, Mako Kolinlamil, Senin (28/10). Menurutnya, selain itu, pemuda tangguh juga pemuda yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun.

“bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas. Pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni, serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional,” sambungnya.

Lebih lanjut, Panglima Kolinlamil menegaskan amanat Menpora bahwa sekarang ini diharapkan peran pemuda dapat bersaing dalam bentuk apapun tentunya dalam hal yang positif. Pemuda adalah masa depan bangsa dan negara, pemuda juga harapan bagi dunia, pemuda Indonesia harus maju dan berani menaklukan dunia.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun 2019 di Kolinlamil ini diikuti oleh seluruh jajaran Kolinlamil dengan Komandan Upacara Letkol Laut (P) Suroto yang sehari-hari menjabat sebagai Paban Ren Staf Operasi Kolinlamil.

Peran Pemuda

Tanggal 28 Oktober merupakan waktu yang bersejarah. Memiliki makna sangat mendalam terhadap perjuangan para pemuda dalam merebut kemerdekaan Indonesia. Tahun ini, peringatan spirit nasionalisme yang lahir pada 1928 silam ini sudah menginjak ke-91.

Tema “Bersatu Kita Maju” sesungguhnya diperuntukan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi keharusan karena di tangan pemudalah Indonesia bisa lebih maju. Pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia.

Disisi lain Gerakan revolusi mental menemukan relevansinya, dengan pembangunan karakter bisa kuat, tangguh dan kokoh ikut serta dalam percaturan pemuda di dunia, kita tidak lagi harus bertahan dan menghadapi dampak negatif dari modernisasi dan globalisasi, tapi kita harus mampu memberikan warna untuk mengubah dunia dengan tekad dan semangat dan tentunya didukung oleh Ilmu pengetahuan dan teknologi.

Di akhir amanatnya Menpora, Pangkolinlamil menggaris bawahi makna peringatan Sumpah Pemuda 2019 tujuan dari peringatan hari Sumpah Pemuda untuk dijadikan satu kesempatan guna mengingatkan persatuan dan kesatuan dalam bingkai NKRI. Terutama kepada generasi muda atau pemuda pemudi yang semakin bermakna dalam setiap pemikiran, gagasan, dan karya nyata.

Pemuda Indonesia harus bersatu kita maju, bersatu kita berikrar, bersatu kita bersumpah, satu nusa, satu bangsa, satu bahasa dalam balutan NKRI. Pemuda adalah agent of change yang momennya selalu terabadikan karena keberanian dan pemikirannya yang kritis.

“Ayo, pemuda Indonesia..! Kita lanjutkan bakti untuk negeri dengan bersatu, kita pasti maju. Selamat Hari Sumpah Pemuda Ke-91,” pesan Menpora yang disampaikan Panglima Kolinlamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *