Siswa Siswi SD di Kabupaten Batubara Ikuti Kegiatan Port Visit

Kegiatan Port Visit di Pelabuhan Kuala Tanjung Multipurpose Terminal yang diselenggarakan Pelindo 1 diikuti oleh siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Batubara. (Foto: Pelindo 1)

Batubara- Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Batubara, Ilyas S Sitorus terus berupaya meningkatkan pengetahuan siswa-siswi di Kabupaten Batubara, Sumatera Utara. Tidak hanya di dalam kelas, proses belajar mengajar juga dilakukan di luar kelas.

Misalnya dukungan kepada kegiatan Port Visit di Kuala Tanjung Multipurpose Terminal yang diselenggarakan PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1. Kegiatan ini diikuti oleh anak-anak Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Batubara, Sumatera Utara pada Selasa (24/9/2019).

Ilyas S Sitorus menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pelindo 1 yang memberikan kesempatan kepada anak-anak SD yang berada di Kabupaten Batubara. Kunjungan anak-anak SD Kabupaten Batubara ke Pelabuhan Kuala Tanjung ini menjadi kesempatan besar bagi anak-anak sekolah untuk belajar mengenal dunia kepelabuhanan dan maritim dengan melihat langsung kegiatan bongkar muat yang terjadi di pelabuhan.

“Pelindo 1 dan Pemerintah Kabupaten Batubara akan terus bekerja sama untuk meningkatkan kompetensi SDM untuk memajukan Kabupaten Batubara,” jelasnya.

Sebelum anak-anak sekolah diajak berkunjung melihat dermaga Kuala Tanjung Multipurpose Terminal untuk melihat kegiatan bongkar muat yang sedang berlangsung, anak-anak dikenalkan dengan dunia kepelabuhanan dan maritim oleh VP Public Relations Pelindo 1 Fiona Sari Utami dan Manager Stakeholder Proyek Kuala Tanjung Pelindo 1 Asih Kurnia.

“Kunjungan anak sekolah ke Pelabuhan ini dalam rangka program stakeholder manajemen pelabuhan di Kuala Tanjung yang dalam meningkatkan kompetensi masyarakat sekitar yang berada di wilayah Pelabuhan Kuala Tanjung serta salah satu wujud komitmen dan tindak lanjut kerja sama Pelindo 1 dan Pemkab Batubara,” jelas Asih Kurnia.

Mengenal Kuala Tanjung Multipupose Terminal

Selanjutnya, anak-anak Sekolah tersebut diajak untuk mengelilingi Kuala Tanjung Multipupose Terminal yang memiliki dermaga 500×60 meter, trestle sepanjang 2,8 kilometer (km), serta dilengkapi rak pipa 4 line x 8 inch. Kuala Tanjung Multipurpose Terminal juga didukung dengan sistem IT serta Terminal Operating System (TOS) petikemas maupun curah cair yang terintegrasi sehingga mampu meningkatkan layanan kepada pengguna jasa dan meningkatkan kecepatan proses bongkar muat.

Fiona mengatakan setelah anak-anak SD mengunjungi Pelabuhan Kuala Tanjung dan melihat secara langsung kegiatan bongkar muat yang sedang berlangsung di dermaga, kami berharap kegiatan ini bisa menumbuhkan kecintaan anak-anak terhadap dunia kepelabuhanan dan maritim.

“Kegiatan Port Visit ini akan terus berlangsung karena merupakan salah satu bentuk kerja sama Pelindo 1 dan Pemkab Batubara untuk memajukan SDM daerah sehingga setiap generasi muda di Batubara yang terletak di sekitar di Pelabuhan Kuala Tanjung termotivasi untuk rajin belajar mengejar cita-citanya,” tutup Fiona Sari Utami, VP Public Relations Pelindo 1.

Fiona Sari Utami menambahkan bahwa kegiatan Port Visit di Pelabuhan Kuala Tanjung bertujuan untuk memperkenalkan dunia kepelabuhanan dan  maritim kepada generasi muda yang nantinya akan menjadi generasi penerus bangsa. Kegiatan Port Visit ini menjadi salah satu program eksternal Pelindo 1 yang melibatkan generasi muda sebagai upaya Pelindo 1 untuk turut memajukan dunia pendidikan dengan mengedukasi dan memperkenalkan informasi seputar kepelabuhanan dan dunia maritim karena pelabuhan memiliki peran penting dalam meningkatkan perekonomian nasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *