Perwira TNI AL Hadiri Sidang Wanbangopstik

Perwira TNI AL menhadiri Sidang Dewan Pengembangan Operasi dan Taktik (Wanbangopstik) TNI Angkatan Laut LXXIV tahun 2019. (Foto: Dispen Kolinlamil)

Jakarta- Perwira TNI AL menhadiri Sidang Dewan Pengembangan Operasi dan Taktik (Wanbangopstik) TNI Angkatan Laut LXXIV tahun 2019.

Kegiatan yang berlangsung dua hari (18-19 November) ini merupakan forum strategis bagi para Perwira TNI AL dalam melakukan pengkajian, pengembangan, dan pengujian doktrin-doktrin TNI AL untuk dapat menghasilkan pemikiran-pemikiran baru yang berkaitan dengan tugas pokok yang diemban oleh TNI AL.

Kali ini, Sidang Wanbangopstik mengambil tema Melalui Wanbangopstik ke-75 tahun 2019 Kita Tingkatkan Kesiapan dan Kemampuan Sistem Senjata Terpadu Guna Mendukung Tugas TNI AL.

Kepala Staf Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Laksma TNI Dwika Tjahja Setiawan, yang juga hadir dalam acara ini. Acara dibuka oleh Kepala Dinas Operasi dan Latihan Angkatan Laut (Disopslatal) Laksma TNI Ali Triswanto mewakili Asops Kasal di Gedung Longroom perwira, Pushidrosal, Senin (18/11).

“Forum Wanbangopstik merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mengkaji dan merumuskan pola operasi dan taktik serta pengembangannya dengan ujicoba konsep operasi peperangan matra laut dalam mendukung tugas TNI AL,” terang Kadisopslatal dalam sambutannya.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa dalam Sidang Wanbangopstik, baik narasumber maupun peserta harus menunjukkan semangat dan dedikasinya dalam diskusi yang berkembang dinamis dalam forum akademis.

Hasil yang optimal, baik peranti lunak maupun naskah yang didiskusikan telah teruji dengan baik, kemudian disempurnakan oleh tim perumus untuk diserahkan ke Mabesal guna proses pengesahan dan produksi serta distribusi sebagai referensi operasional di lapangan.

Kegiatan Wanbangopstik

Kegiatan Wanbangopstik, lanjutnya akan terus dilaksanakan secara berkesinambungan dengan pembahasan materi-materi yang menitikberatkan pada pengembangan Doktrin Operasi dan Taktik sesuai dengan perkembangan situasi lingkungan strategis dan kondisi alutsista yang dimiliki.

Sesuai dengan program Wanbangopstik direncanakan untuk dilaksanakan dua kali dalam setahun guna mengakomodasi tingginya dinamika operasional Angkatan Laut. TNI AL dituntut mampu mengatasi berbagai bentuk tantangan yang semakin kompleks dan dinamis.

Sejalan dengan hal tersebut, TNI AL perlu melakukan pembinaan terhadap kekuatan alutsista dan prajurit yang dimiliki dalam bentuk penggelaran latihan-latihan untuk mendukung gelar tugas operasi. Hadir dalam acara tersebut di antaranya, Kaskoarmada I, Komandan Kodikopsla, Dirdok Kodiklatal, Dirdiklat Kodiklatal, Asops Kormar, Wadan Lantamal III dan Dan Wing 2.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *