Kolinlamil Adakan Lomba PBB Meriahkan Bulan Trisila TNI AL

Panglima Kolinlamil beserta pemenang lomba PBB (Foto: Dispen Kolinlamil)

Jakarta — Dalam rangkaian bulan Trisila TNI Angkatan Laut, Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) mengadakan lomba peraturan baris berbaris (PBB) antar Satuan Kerja (Satker) yang dilaksanakan di Lapangan Mulyono Silam, Mako Kolinlamil, Jakarta Utara, pada Kamis (19/12/2019).

Lomba tersebut dimulai pada pukul 09.00 Wib usai upacara peringatan Hari Bela Negara dengan sembilan peserta dari gabungan satker-satker per gedung di Kolinlamil dan PNS Kolinlamil. Setiap peleton terdiri dari 21 anggota dan 1 Danton dengan lama waktu lomba selama 20 menit.

Panglima Kolinlamil, Laksda TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M., saat menyaksikan lomba tersebut menuturkan tujuan kegiatan ini adalah sebagai salah satu pembinaan satuan di lingkungan Kolinlamil, selain juga sebagai sarana untuk melaksanakan pembinaan tradisi untuk meningkatkan disiplin, loyalitas, bertanggung jawab dan soliditas serta kekompakan diantara prajurit.

“Dalam setiap pertandingan pasti ada yang menang ada juga yang kalah, jagalah sportivitas bertanding. Kedisiplinan akan menunjang keberhasilan tim, moment ini sangat tepat dilaksanakan agar para prajurit meningkatkan kembali jiwa disiplin, sikap yang tegap dan tegas,” tuturnya.

Rangkaian Bulan Trisila 2019

Panglima Kolinlamil menyampaikan, kegiatan lomba baris berbaris ini merupakan rangkaian bulan trisila 2019, selain itu juga sebagai upaya menanamkan kembali kedisiplinan bagi para prajurit.

“Kegiatan ini juga untuk melatih diri sebagai pribadi disiplin yang punya kepekaan sosial yang tinggi. Melalui ajang ini diharapkan menjadi sarana kompetisi untuk menguji kedisiplinan, konsentrasi, kekompakan, kekuatan fisik dan mental,” pungkasnya.

Selain itu, kegiatan ini juga untuk meningkatkan tali silaturahmi antar Satuan kerja dilingkungan Kolinlamil, guna untuk mempererat soliditas dan kekompakan antar prajurit. Disisi lain, kemampuan baris berbaris antar Satker Kolinlamil ini merata. Ini dibuktikan selisih nilai yang diperoleh sangatlah tipis, sehingga membuat juri ekstra hati-hati dalam penilaian untuk menentukan sebagai juara.

Keluar sebagai juara I gabungan satker Gedung Laut Natuna (Satlinlamil Jakarta, Disprov dan Dispen), Juara II gabungan satker Gedung Laut Sulu (Dismatbek, Diskomlek dan Disminpers), sedangkan juara III diraih gabungan unsur-unsur KRI. Para pemenang lomba telah melalui 6 unsur penilaian seperti, gerakan dasar di tempat, gerakan berjalan, gerakan perubahan arah, gerakan variasi, kerapian pakaian dan terakhir kedisiplinan.