PT Pelindo I Tingkatkan Sinergi Melalui Perayaan Natal

Pemberian bantuan secara simbolis kepada anak keluarga prasejahtera (Foto: Humas Pelindo I)

Pelindo I merupakan BUMN yang mengelola jasa kepelabuhanan di Indonesia bagian barat. Pelindo 1 berkantor pusat di Medan dan memiliki wilayah operasi di 4 provinsi yang meliputi Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau daratan dan Riau Kepulauan, serta mengelola 16 cabang pelabuhan, 11 kawasan pelabuhan/ perwakilan dan mengelola 1 (satu) unit usaha yaitu UGK (Unit Usaha Galangan Kapal) serta 6 (enam) Anak Perusahaan, yaitu PT Terminal Petikemas Indonesia (TPI), PT Prima Terminal Petikemas (PTP), PT Prima Multi Terminal (PMT), PT Prima Indonesia Logistik (PIL), PT Prima Pengembangan Kawasan (PPK), dan PT Prima Husada Cipta Medan (PHCM).

Pelayanan Pelindo 1 meliputi pelayanan kapal, pelayanan barang, pelayanan penumpang dan jasa kepelabuhanan lainnya. Pelindo I mempunyai lokasi strategis di Selat Malaka, yang merupakan selat tersibuk dalam lalu lintas perdagangan dunia dan saat ini sedang mengembangkan pelabuhan Kuala Tanjung sebagai pelabuhan Hub Port Indonesia bagian barat, serta mempunyai pintu utama eksport CPO ke seluruh dunia, yaitu melalui pelabuhan Belawan dan Dumai.

Saat ini Pelindo 1 dalam upaya meningkatkan produktivitas pelayanan secara terus menerus, telah melakukan inovasi dengan menambahkan peralatan dan perpanjangan fasilitas dermaga sehingga untuk meningkatkan produktivitas yang lebih efektif dan efisien. Pengembangan secara kontinu ini juga untuk mendukung suksesnya program pemerintah dalam percepatan pembangunan nasional dan mendukung kebijakan Pemerintah terutama dalam program tol laut untuk memperkuat konektivitas nasional dan menciptakan biaya logistik nasional secara efisien dan efektif serta meningkatkan daya saing nasional.

Meningkatkan Sinergi PT Pelindo I

Medan — Pada tanggal 6 Desember 2019, bertempat di Tiara Convention Center. Keluarga Besar Persekutuan Bahtera Kasih PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 merayakan Hari Natal 2019 Perayaan Natal ini mengambil tema “Hiduplah sebagai Sahabat bagi Semua Orang” (Yoh 15:14-15) dan Sub tema : ‘Hidup Bersahabat Insan Pelindo 1, Wujud Sinergi dalam Menjalankan Misi Perusahaan’, serta menghadirkan Pdt. Mangapul Sagala sebagai pengkotbahnya.

Pdt. Mangapul mengatakan bahwa, perayaan Natal menjadi momen bagi kita untuk merenungkan keselamatan yang pasti dari Tuhan, adanya pembaharuan dalam hidup, dan bermisi mengabarkan Injil. Terlebih dahulu kita harus berdamai dengan Allah, berdamai dengan diri sendiri dan berdamai dengan sesama, sehingga kita bisa hidup bersahabat dan bersinergi dalam mendukung visi misi Pelindo 1.

Direksi Pelindo 1, dalam kesempatan ini yang diwakili oleh Dominggo Pasaribu, SVP Fasilitas Pelindo 1 mengatakan manajemen terus berupaya untuk melakukan terobosan-terobosan baru untuk menambah pendapatan yang nantinya akan meningkatkan kesejahteraan pegawai.

“Untuk itu kita perlu mendukung penuh program kerja manajemen. Kasih Natal kiranya menguatkan persahabatan yang sedang dan akan kita bangun, dari kita dan untuk kita, sehingga kita dapat memberikan yang terbaik bagi perusahaan,” terang Dominggo.

Ketua Panitia Natal Pelindo 1, Nettiwaty Limbong, menjelaskan bahwa sebelum perayaan Natal ini, Pelindo 1 juga telah berbagi kasih dengan mengadakan kegiatan bakti sosial dan pemberian santunan.

“Kegiatan bakti sosial diberikan kepada panti asuhan Elim dan Mamre di Pematang Siantar, pemberian bantuan kepada Yayasan Pelayanan Anak Bintang Terang berupa alat produksi yang diharapkan dapat membantu pengelolaan pelayanan anak dari keluarga prasejahtera, sementara pemberian santunan diberikan kepada para pensiunan dan tenaga kerja outcoursing pelabuhan,” ungkapnya.

Perayaan Natal Pelindo 1 ini diikuti oleh pegawai Pelindo 1 dan keluarga, pensiunan, pegawai anak perusahaan dan tamu undangan dari pengguna jasa dan berbagai instansi yang ada di lingkungan pelabuhan.