Danlantamal VI Menyelam di Spot Penanaman Terumbu Karang Kebangsaan ‘Garuda Di Lautku’ di Pulau Kodingareng Keke

Danlantamal VI saat menyelam di spot enanaman terumbu karang kebangsaan (Foto: Dispenal Mabesal)

Makassar — Tim ‘Garuda Di Lautku’ meski harus menerjang gelombang berhasil menemuka dan menentukan spot ‘Garuda Di Lautku’ Terumbu Karang Kebangsaan Tahun 2020 di Pulau Kodingareng Keke, Kecamatan Ujung Tanah, Kota Makassar. Penentuan Spot ini dipimpin Asisten bidang Operasi (Asops) Danlantamal VI, Kolonel Laut (P) Kolonel Laut (P) Ardhi Sunaryo,S.T. beserta puluhan personel Lantamal VI, Pada Sabtu, (27/12/2019).

Penentuan spot atau posisi dilaksanakan bertujuan supaya pada saat penurunan garuda raksasa di dasar laut agar tepat, lancar di posisi sesuai dengan yang direncanakan.

Setelah tiba di dermaga Pulau Kodingareng Keke menggunakan Kapal Patroli Cepat Patkamla P. Langkai , tim ‘Garuda Di Lautku’ Lantamal VI bergerak cepat menuju ke posisi penanaman terumbu karang yang tidak jauh dari pulau Kodingareng keke.

Asops Danlantamal VI Kolonel Laut (P), Ardhi Sunaryo,S.T. mengatakan kegiatan ‘Garuda Di Lautku’ memang ada beberapa tahapan, tahapannya adalah, perencanaan, persiapan ,pelaksanaan dan pengakhiran .

“Kegiatan ini masih proses perencanaan menuju ke persiapan, untuk persiapan nanti akan masuk pada bulan Januari 2020,” ujarnya.

Penyelaman Spot Penanaman Terumbu Karang Kebangsaan

Komandan Lantamal VI (Danlantamal VI), Laksamana Pertama TNI Hanarko Djodi Pamungkas menyelam di spot penanaman Terumbu Karang Kebangsaan ‘Garuda Di Lautku’ tahun 2020, bertempat di Pulau Kodingareng Keke, pada Selasa, (31/12/2019).

Penyelaman ini bertujuan meninjau kesiapan tempat serta pengecekan kembali posisi di dasar laut, tempat akan ditanamkannya terumbu karang kebangsaan ‘Garuda Di Lautku’ tersebut.

Danlantamal VI menyampaikan bahwa untuk peninjauan ini merupakan pengecekan tempat posisi yang akan menjadi pusat atau center penanaman Terumbu Karang Kebangsaan di sekitar laut pulau Kodingareng Keke.

“Penentuan posisi penanaman telah dilaksanakan pada tanggal hari Sabtu tanggal 27 Desember 2019 kemarin dan hari ini kita meninjau kembali posisi yang sudah ditentukan tersebut,” ujarnya.

Danlantamal VI mengungkapkan, penyelaman dilakukan untuk meninjau tempat penanaman dan melakukan pemasangan tanda.

“Peninjauan dilaksanakan dengan penyelaman di tempat penanaman, kedalamannya pun sekitar 6,5 m sampai dengan 20 m di dasar laut dengan titik pusat atau center posisi penanaman berada di kedalaman 15 m. Setelah diadakan peninjauan, untuk langkah selanjutnya yaitu dilaksanakan pemasangan tanda di tempat spot penanaman terumbu karang kebangsaan berbentuk Garuda ini oleh tim penyelam dari Lantamal VI yang berjumlah 12 orang,” ungkapnya.

Hadir mendampingi Danlantamal VI dalam peninjauan ini, Wadan Lantamal VI Kolonel Laut (P), Baroyo Eko Basuki, Aspotmar Danlantamal VI, serta Danyonmarhanlan VI.