Amerika Siap Dukung Bakamla

Komandan Amerika Coast Guard Wilayah Pasifik (US Coast Guard Pasific Area Commander) Vice Admiral Linda Fagan dan Deputi Operasi dan Latihan Bakamla, Laksamana Muda Bakamla TSNB Hutabarat, M.M.S. saat melakukan pertemuan di di Markas Besar Bakamla RI, Gd. Perintis Kemerdekaan, Jl. Proklamasi No. 56, Menteng, Jakarta Pusat. (Foto: Humas Bakamla)

Jakarta Pusat – Dalam rangka menjalin sinergisitas antara US Coast Guard dengan Bakamla RI, US Coast Guard Pasific Area Commander mengunjungi markas besar Bakamla.

Komandan Amerika Coast Guard Wilayah Pasifik (US Coast Guard Pasific Area Commander), Vice Admiral Linda Fagan, pada kesempatan tersebut mengatakan jika kedatangannya karena Indonesia dipandang sebagai salah satu mitra strategis bagi US Coast Guard.

Ia juga mengatakan, jika pemerintah Amerika siap mendukung Bakamla dalam peningkatan kapasitas.

“Saya baru pertama kali datang ke Indonesia dan berkesempatan bertandang ke Mabes Bakamla RI, terima kasih saya ucapkan atas penerimaan yang hangat dan bersahabat dari para pejabat Bakamla RI,” ungkapnya.

Vice Admiral Linda Fagan adalah seorang wanita perwira tinggi US Coast Guard dengan pangkat bintang tiga yang mengepalai US Coast Guard Wilayah Pasifik sejak Juni 2018.

Kehadiran Vice Admiral Linda Fagan didampingi oleh dua perwira dari US Coast Guard dan empat orang staf kedutaan Amerika Serikat di Indonesia.

Lakukan Pertemuan Berkala

Kedatangannya tersebut disambut baik oleh Deputi Operasi dan Latihan Bakamla, Laksamana Muda Bakamla TSNB Hutabarat, M.M.S. Ia mengatakan jika kedatangan US Coast Guard tersebut merupakan suatu kehormatan bagi Bakamla.

Laksda Hutabarat menjelaskan jika hubungan antara Bakamla dengan US Coast Guard terjalin dengan baik, bahkan pada tahun 2019 sudah dilaksanakan beberapa kegiatan bersama seperti pembentukan Maritime Security Training Center di Batam, kegiatan pelatihan dasar dan lanjutan bagi personel Bakamla di Amerika Serikat.

“Kedua belah pihak juga sering melaksanakan pertemuan berkala untuk berkoordinasi dan berkonsultasi terkait isu-isu keamanan dan keselamatan maritim dan melaksanakan latihan bersama antara US Coast Guard secara berkala dan teratur dengan mengundang mitra-mitra dari negara sahabat,” jelasnya.

Ia juga menyampaikan bahwa saat ini Bakamla tengah memprioritaskan berbagai kerja sama guna peningkatan kapasitas di bidang keamanan dan keselamatan maritim, penegakan hukum, penguatan Puskodal, pertukaran informasi maitim, serta rencana pembangunan Pusdiklat Bakamla.

Pada pertemuan tersebut, Laksda Hutabarat didampingi Direktur Strategi Laksma Bakamla Sandy M. Latief, Direktur Kebijakan Laksma Bakamla Samuel Kowaas, Kasubdit Kerja Sama Luar Negeri Kolonel Bakamla Satya Pratama, dan Kasubbag TU Kepala Bakamla RI Letkol Bakamla Ridwansyah.