Bakamla Segera Miliki Pangkalan Baru di Gorontalo Utara

Asisten I Setda Kabupaten Gorontalo Utara, Sulaeman Lakoro berserta staff saat berkunjung ke Kantor Kamla Zona Maritim Tengah, Manado, pada beberapa waktu yang lalu. (Foto: Bakamla)

Manado – Badan Keamanan Laut (Bakamla) segera menindaklanjuti pemberian lahan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara, yang direncanakan sebagai pangkalan baru dari institusi yang mengemban fungsi coast guard tersebut.

Asisten I Setda Kabupaten Gorontalo Utara, Sulaeman Lakoro, mengatakan jika luas lahan yang akan dijadikan pangkalan Bakamla RI mencapai 3 hektare.

“Namun pemberian lahan tersebut dilakukan secara bertahap dan pada tahun 2020 diberikan seluas 1,5 hektare, dan sisanya akan diberikan pada tahun berikutnya,” jelasnya saat berkunjung ke kantor Kamla Zona Maritim Tengah, Manado, pada beberapa waktu yang lalu.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Bidang Operasi Kamla Zona Maritim Tengah, Kolonel Bakamla Ahmad Muharam, menjelaskan lahan seluas 3 hektare tersebut merupakan bentuk dukungan kepada Bakamla dalam mengamankan daerah yang berbatasan langsung dengan negara Filipina tersebut.

Pasalnya, lanjutnya, wilayah perbatasan tersebut rawan masuknya penyelundupan senjata api dan bahan peledak, termasuk masuknya orang asing.

“Kita apresiasi Pemkab Gorontalo Utara  atas dukungan lahan yang akan dihibahkan kepada Bakamla sebagai pangkalan baru nantinya,” ungkapnya

Diperlukannya Pangkalan

Dalam kesempatan tersebut, Kolonel Bakamla Ahmad Muharam memaparkan tugas dan fungsi dari Kantor Kamla Zona Maritim Tengah beserta wilayah kerjanya yang mencapai Gorontalo Utara.

Menurutnya Gorontalo Utara sebagai daerah terluar yang berbatasan dengan negara Filipina, diperlukan pangkalan sebagai fungsi dukungan baik personel, informasi intelijen, logistik maupun lainnya.

Ia berharap rencana pembangunan pangkalan baru Bakamla di Gorontalo Utara tersebut segera terealisasi.