Jalin Kemitraan, National Hydrographer of United States Kunjungi Pushidrosal

Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H, saat menerima kunjungan dari National Hydrographer Of United States Rear Admiral Shepard M. Smith, beberapa waktu lalu (Foto: Pushidrosal)

Jakarta – Guna menjalin kerjasama Angkatan Laut Amerika Serikat/US Navy dengan TNI AL terutama di bidang hidrografi, National Hydrographer Of United States Rear Admiral Shepard M. Smith mengunjungi Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (Pushidrosal).

Kunjungan Rear Admiral Shepard M. Smith yang merupakan Chief Hydrographer Amerika Serikat ini , diterima langsung oleh Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H. yang didampingi  pejabat utama di anjungan utama Pushidrosal Jalan Pantai Kuta V/1 Ancol Timur Jakarta Utara, beberapa waktu lalu.

Pertemuan Chief Hydrographer Amerika Serikat dan Indonesia tersebut berlangsung dalam suasana akrab dan penuh kekeluargaan. Kedua pihak saling bertukar pikiran dan berdiskusi mengenai Angkatan Laut kedua negara, utamanya dalam bidang hidrografi.

kegiatan tersebut juga sebagai sarana menjalin hubungan yang baik dan meningkatkan kerjasama antara TNI AL dan Angkatan Laut Amerika Serikat dalam kerangka Navy to Navy Talk, khususnya dalam peningkatan Capacity building antar kedua kantor hidrografi.

Pada kesempatan itu, Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H, menyampaikan bahwa Indonesia yang diwakili Pushidrosal, selain sebagai anggota IHO, juga  berupaya meningkatkan kiprah dan perannya dalam organisasi regional seperti EAHC, NIOHC maupun SWPHC untuk menunjukkan kontribusi dan memperluas kerjasama kawasan regional dalam bidang hidrografi.

“Pushidrosal juga terus meningkatkan pelayanan publik dengan mengembangkan terus Marine Spatial data Infrastructure (MSDI), dengan mengembangkan Hydrographic Data Center menjadi Indonesian Marine Geospatial Information Center (IMaGIC) yang menjadi sumber informasi bagi masyarakat luas tentang masalah kehidrografian,” ujar Kapushidrosal yang juga penulis buku “The Spearhead of Sea Power” ini.

Tertarik dengan buku karyanya atau buku-buku lainya, silahkan kunjungi website pandivabuku.com atau bisa pesan melalui nomer WA 085743899713, serta bagi yang menginginkan versi e-booknya bisa kunjungi laman ini “The Spearhead of Sea Power”.

Menurut Kapushidrosal pelayanan tersebut sebagai upaya mendukung kebijakan pemerintah yang mendudukkan sektor kemaritiman sebagai salah satu pilar prioritas pembangunan nasional, sesuai visi Pushidrosal, yaitu mewujudkan Pushidrosal sebagai lembaga hidrografi nasional dan Pusat Informasi Geospasial Kelautan terbaik di dunia.

Menjalin Kemitraan Hidrografi

Sementara itu, Rear Admiral Shepard M. Smith mengatakan kunjungan ke Pushidrosal bertujuan untuk bertemu dan berdiskusi dengan negara yang sama-sama anggota International Hydrographic Organization (IHO) tentang masalah kehidrografian dan peluang menjalin kemitraan hidrografi antara The National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) dan Pushidrosal.

“Menjalin kemitraan hidrografi dengan Indonesia merupakan hal yang sangat penting, karena secara geografis, posisi wilayah Indonesia yang sangat strategis karena terletak di antara dua samudera dan dua benua, sebagai jalur pelayaran internasional yang sangat padat,” ucapnya.