Sosialisasi Penanggulangan Virus Corona bagi Prajurit Pushidrosal

Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Kapushidrosal) Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H saat membuka sosialisasi penanggulangan virus corona bagi prajurit Pushidrosal, di Gedung Serba Guna Mako Pushidrosal Rabu (26/02/2020). (Foto: Pushidrosal)

Jakarta – Ratusan Personel TNI/PNS Pusat Hidorgrafi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) mendapatkan penyuluhan kesehatan tentang sosialisasi Novel Corona Virus (NCoV).

Penyuluhan kesehatan sosialisasi tersebut di laksanakan di Gedung Serba Guna Mako Pushidrosal, Jl.Pantai Kuta V/I, Ancol Timur Jakarta Utara setelah pelaksanaan Apel Pagi, Rabu (26/02/2020).

Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Kapushidrosal) Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro, mangatakan pentingnya pemahaman virus yang kini menggemparkan dunia bagi TNI sebagai garda terdepan.

Corona Virus merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit pada manusia dan hewan. Yang mewabah di beberapa negara yang sedang berkembang mengakibatkan munculnya kepanikan. Yang mulanya hanya menjangkiti warga di Wuhan, Tiongkok kini menjalar hingga ke lebih 20 negara di dunia.

“Seperti diketahui bersama bahwa Novel Corona Virus (2019-NCoV) ini adalah jenis virus baru yang belum pernah diidentifikasikan sebelumnya pada manusia,” kata Kapushidrosal, yang juga penulis buku “The Spearhead of Sea Power” ini.

Tertarik dengan buku karyanya atau buku-buku lainya, silahkan kunjungi website pandivabuku.com atau bisa pesan melalui nomer WA 085743899713, serta bagi yang menginginkan versi e-booknya bisa kunjungi laman ini “The Spearhead of Sea Power”.

Jaga Kesehatan dan Kebugaran

Hingga saat ini, lanjutnya, belum ada vaksin untuk mencegah penularan 2019-NCoV. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah tertularnya virus ini adalah menjaga kesehatan dan kebugaraan agar sistem kekebalan tubuh meningkat.

“Hindari kontak dengan hewan ternak dan hewan liar yang terbukti tertular Corona Virus, jangan makan daging yang tidak dimasak dan menunda perjalanan ke daerah/negara dimana virus ini ditemukan seperti Cina,” katanya.

Perlu diketahui dan syukuri bahwa negara Indonesia masih aman terjangkit virus Corona ini harus tetap waspada. Ia berharap agar anggota Pushidrosal agar tetap menjaga dan jangan menyebarkan berita-berita hoax terkait virus Corona ini. Apabila ada yg terima berita atau informasi dari media sosial dari manapun cukup untuk diketahui saja tidak untuk disebarluaskan kembali.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Kapushidrosal menekankan kepada seluruh anggota Pushidrosal untuk menjaga kesehatan tubuh secara teratur merupakan syarat yang mutlak harus dipenuhi.

“Kepada masing-masing individu yang karena aktivitas sangat padat, juga jangan lupa menjaga kesehatan, buang rasa malas yang ada pada diri sendiri  kita ketahui bahwa faktor kesehatan akan sangat menentukan untuk menuju jenjang karier yang lebih maju” jelasnya.

Untuk memperoleh tubuh yang sehat tidak harus dengan pola hidup yang serba mahal. Semua diperoleh dengan mudah dan murah, dapat dilaksanakan dengan berolah raga secara teratur dan mengatur pola makan. “Semoga apa yang disampaikan dalam penyuluhan virus Corona ini dapat memberikan gambaran terhadap pentingnya arti kesehatan dan menambah pengetahuan bagi personel Pushidrosal yang hadir pada hari ini,” tambahnya.