Peringati Hari Sumpah Pemuda, Himapikani Gandeng Stakeholder Lakukan Aksi Nyata Penanaman Mangrove

Himapikani tanam mangrove. HIMAPIKANI

Malang [28/09/2021] Himpunan Mahasiswa Perikanan Indonesia (HIMAPIKANI) menggelar kegiatan dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda. Kegiatan tersebut diselenggarakan di beberapa titik, salah satunya di daerah Kondang Bandung, Malang, Jawa Timur. Kegiatan ini berkolaborasi dengan beberapa stakeholders yang ada di Malang, mulai dari pihak pemerintah, kepolisian daerah Malang, Masyarakat setempat, organisasi Mahasiswa dan NGO lingkungan yaitu Econusa Foundation dan Penjaga Laut.

Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan penanaman mangrove awalnya direncanakan sejumlah 50 orang, dikarenakan kondisi malang yang masih menerapkan PPKM maka jumlah peserta dikurangi hanya menjadi 20 orang hal ini dilakukan agar memenuhi syarat dan anjuran dari pemerintah. Rangkaian kegiatan juga diisi dengan pembacaan sumpah pemuda oleh mahasiswa yang mengikuti kegiatan.

Salah satu organisasi kemahasiswaan yang ikut terlibat dalam peringatan hari sumpah pemuda ini adalah Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Peternakan-Perikanan UMM. Menurut Koordinator Kegiatan Aksi, sekaligus Ketua Bidang Perguruan Tinggi dan Kemahasiswaan, Agus Prawoto, menyampaikan bahwa pemuda sebagai lokomotor perubahan perlu hadir secara langsung dalam menjaga lingkungan. Dia juga menambahkan, “Kegiatan kali ini adalah bagian dari kami sebagai pemuda dalam memaknai sumpah pemuda bukan hanya sekadar sejarah, melainkan pemuda harus hadir secara nyata.”

Kegiatan ini sangat diapresiasi oleh pihak kepolisian daerah Malang.

“Kegiatan ini sangat kami apresiasi karena bernuansa positif untuk lingkungan kita di malang,” pungkas Bambang yang merupakan anggota Kepolisian Kabupaten Malang.

Apresiasi juga disampaikan oleh Sekretaris Jenderal HIMAPIKANI, Jan Tuheteru.

“Apresiasi sebesar-besarnya diberikan kepada stakeholders yang ikut terlibat dalam kesuksesan kegiatan ini, mulai dari pihak Econusa, Penjaga Laut, dan pihak Kepolisian Daerah Malang yang sangat membantu kegiatan ini hingga selesai dengan baik. Harapannya kolaborasi seperti ini terus bangun secara masif,” kutip Jan Tuheteru yang juga merupakan kader HMI.

Mangrove menjadi pilihan dalam kegiatan aksi nyata ini, sebab manfaat dari mangrove sangatlah banyak, di antaranya ialah menjaga intrusi air, menjaga abrasi dan erosi air, pencegah dan penyaring alam, tempat hidup dan sumber makanan bagi beberapa jenis satwa, serta berperan dalam pembentukan pulau dan menstabilkan daerah pesisir.