Selenggarakan LKMPN di Universitas Teuku Umar, Himapikani Perlu Cetak Pemimpin Masa Depan

Foto bersama seluruh peserta dengan pemateri. HIMAPIKANI

Meulaboh – 16 November 2021, Himpunan Mahasiswa Perikanan Indonesia (HIMAPIKANI) Menyelenggarakan Kegiatan Latihan Kepemimpinan Mahasiswa Perikanan Nasional (LKMPN), kegiatan ini diselenggarakan di Universitas Teuku Umar (UTU) dan diikuti langsung oleh LKP dari universitas yang terhimpun dalam Himpunan Mahasiswa Perikanan Indonesia.

Kegiatan LKMPN mencakupi VII Wilayah yang Se-Indonesia dengan dihadiri 14 Lembaga Kemahasiswaan Perikanan (LKP) dari berbagai Perguruan Tinggi diantaranya Universitas Madako (Sulawesi Tengah), Universitas Mulawarman (Samarinda, Kalimantan Timur), Universitas Jambi, Universitas Bung Hatta, Universitas Dharmawangsa, Universitas Sumatera Utara, Universitas Riau, Universitas Islam Riau, Universitas Syiah Kuala, Universitas Samudra Langsa, Universitas Malikussaleh, dan Universitas Abulyatama.

Tujuan diadakannya LKMPN HIMAPIKANI ini bertujuan untuk merealisasikan program kerja HIMAPIKANI guna dapat mendorong serta mewujudkan terciptanya kader mahasiswa perikanan dalam pengembangan softskill di bidang kepemimpinan sehingga dapat berperan aktif guna mewujudkan pembangunan nasional yang berkelanjutan.

Dalam kegiatan yang diketuai oleh Nur Fadhillah ini, Pada hari pertama disajikan dengan seminar nasional dengan tema “Mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) dari Bahari Menuju Indonesia Maju Sebagai Poros maritim Dunia”. Seminar nasional tersebut dihadiri dan disambut langsung oleh rektor Universitas Teuku Umar, Jasman J. Ma’ruf, beliau sangat mensupport acara yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa perikanan indonesia tersebut. Turut berhadir juga Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Ali Sarong, Beliau mengatakan “Kegiatan ini sangat bagus untuk diselenggarakan, dikarenakan dengan adanya acara ini bisa menjadi ajang silaturahmi antar mahasiswa perikanan di seluruh wilayah indonesia”.

Sambutan acara kegiatan LKMPN disampaikan oleh Dirjen Perikanan Tangkap KKP-RI yaitu Trian yunanda dengan mewakili sambutannya Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia. Beliau juga menyampaikan sedikit materi tentang “Kebijakan pengelolaan kelautan dan perikanan republik indonesia”.

Seminar nasional ini juga langsung dihadiri oleh pemateri-pemateri yang ahli dibidang Perikanan dan kelautan salah satunya Kusdiantoro yang merupakan PLT Dirjen KKP Republik Indonesia, beliau menyampaikan materi dengan sub Tema “Mewujudkan SDM Perikanan yang unggul di bidang kelautan dan perikanan Provinsi Aceh” dalam penyampaiannya sangat mendukung kegiatan HIMAPIKANI yang positif dengan harapan kedepannya akan muncul kader SDM perikanan yang unggul dengan potensi perikanan yang ada.

Pemateri selanjutnya diisi oleh yang mewakili Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Aceh yaitu Rakhimah Khairil Isfani beliau menyampaikan materi tentang “Optimalisasi Penyelesaian masalah kelautan dan perikanan di provinsi aceh”.

Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, ali sarong juga merupakan salah satu pemateri pada seminar nasional yang terselenggara pada hari tersebut beliau menyampaikan materi tentang “Peran akademisi dalam mewujudkan perikanan Indonesia yang berdaulat, berkelanjutan dan kesejahteraan”.

Dengan dimoderatori oleh Hafinuddin acara berlangsung dengan lancar hingga waktu ishoma, setelah waktu ishoma selesai, dilanjutkan dengan materi yang disampaikan langsung oleh Sekjen Himpunan Mahasiswa Perikanan Indonesia, beliau menceritakan tentang sejarah awal terbentuknya Himpunan Mahasiswa Perikanan Indonesia, kemudian dilanjutkan dengan forum group discussion bersama seluruh LKP yang berhadir pada acara tersebut.

Pada hari kedua, 17 November 20211, dilanjutkan kembali dengan kegiatan Latihan Kepemimpinan Mahasiswa, kegiatan ini juga dihadiri oleh beberapa pemateri hebat, pemateri pertama di paparkan oleh Nurul Dianto yang menyampaikan materi tentang Leadership.

Pemateri kedua langsung diambil alih oleh Sekjen HIMAPIKANI, beliau menyampaikan materi tentang Advokasi, beliau menggantikan wiro wirandi yang berhalangan hadir di acara tersebut, dan untuk pemateri ketiga langsung dilakukan oleh Khamaruddin Selaku perwakilan dari ketua DPRK Aceh barat, beliau menyampaikan materi tentang Administrasi. Acara tersebut berjalan dengan lancar hingga penghujung acara.

Pada malam hari juga dilakukan kegiatan Gala Dinner dengan tema “Mempererat silaturahmi keluarga HIMAPIKANI dan civitas akademika FPIK UTU 2021”. Acara tersebut dihadiri langsung oleh Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Ali sarong, Wakil Dekan I Muhammad Rizal, Wakil Dekan II Hafinuddin, dan civitas akademik FPIK-UTU lainnya. Selain itu kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FPIK-UTU, Ketua HMJ Perikanan, Steering Committee (SC), Ketua Panitia dan Kabid kepanitiaan.

“Kegiatan ini dilakukan untuk mempererat silaturahmi antar keluarga besar HIMAPIKANI dengan dengan civitas FPIK-UTU, kami juga berharap apabila nantinya ada diselenggarakan kembali kegiatan HIMAPIKANI, supaya bisa mengundang mahasiswa dari FPIK-UTU untuk berhadir ke acara tersebut,” ujar Ali sarong.

Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan kemudian ditutup dengan doa dan makan bersama.

Pada hari ketiga, 18 November 2021 Himpunan Mahasiswa Perikanan Indonesia melakukan kegiatan pengabdian masyarakat, yaitu kegiatan penanaman mangrove dengan tema “Satu Gerakan Melalui Penanaman Mangrove, Tumbuhkan Semangat Bersama HIMAPIKANI”, pengabdian masyarakat ini dilakukan di Desa Pematang, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat. kegiatan ini disponsori oleh beberapa lembaga ternama, salah satunya MIFA bersaudara dan Lembaga Konservasi mangrove Aceh Jaya, kegiatan tersebut berjalan dengan lancar hingga selesai.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *